Dituding Gemasaba, Distanak Pandeglang Bantah Program Fiktif

Date:

 

Banten Hits – Dinas Pertanian dan Peternakan (Distanak) Kabupaten Pandeglang, membantah jika di instansinya ada beberapa program yang fiktif. Semua program atau bantuan yang bakal diberikan kepada kelompok tani (Poktan) dan masyarakat petani  sudah diverifikasi.

“Gak ada (yang fiktif). Kalau program yang bakal diberikan kepada kelompok tani atau masyarakat petani sudah diverfikasi. Memang mahasiswa menanyakan hal itu dan tadi sudah dijelaskan,” kata Kepala Distanak Kabupaten Pandeglang Wowon kepada Banten Hits, seusai menerima audiensi sejumlah aktivis Gerakan Mahasiswa Satu Bangsa (Gemasaba) Kabupaten Pandeglang, Senin (2/5/2016).

Wowon mengapresiasi sikap kritis mahasiswa yang mempertanyakan sejumlah program di instansinya. Wowon juga mempersilakan mahasiswa menanyakan langsung ke inspektorat untuk mengetahui kinerja Distanak Pandeglang.

“Kalau soal kinerja dinas pertanian bisa ditanyakan inspektorat,” ucapnya.

Selain itu, Wowon juga menjelaskan, Program Peningkatan Eksibisi yang menghabiskan dana sampai Rp 70 juta, dimaksudkan untuk mempromosikan hasil pertanian di Kabupaten Pandeglang yang setiap tahun rutin dilaksanakan.

“Kegiatan ini sebagai ajang promosi hasil panen pertanian di Kabupaten Pandeglang yang setiap tahunya dilaksanakan, dan tahun ini akan dilaksanakan di Jakarta,” jelasnya.

Sebelumnya, Gemasaba Pandeglang menuding, beberapa program di Dinas Pertanian dan Peternakan (Distanak) Kabupaten Pandeglang fiktif. Menurut mereka, setidaknya ada ada tiga program fiktif di  yang bersumber pada APBD Kabupaten Pandeglang 2016, di antaranya Program Peningkatan Eksibisi yang menghabiskan dana sampai Rp 70.000.000.

BACA JUGA: Gemasaba Sebut Sejumlah Kegiatan di Distanak Pandeglang Fiktif

“Kemudian, program Perlombaan, Perluasan Areal Pertanian yang menghabiskan dana Rp. 50.000.000. Jelas kontras dengan menyusutnya areal pertanian yang berubah menjadi real estate. Ditambah Program Peningkatan Kesejahteraan Petani menghabiskan dana Rp. 120.480.000. Ini bertolak belakang dengan keadaan petani di bawah,” kata Sekretaris Gemasaba Pandeglang Sobana Ilham, Minggu (24/4/2016).(Rus)

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Dua Parpol Pemilik Suara Besar di Banten Gelar Pertemuan Tertutup, Isyarat Koalisi Mencuat

Berita Banten - Partai Golkar dan Partai Gerindra yang...

Arahan Presiden Jokowi dalam Rakernas Kesehatan Nasional di Kabupaten Tangerang

Berita Banten - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghadiri sekaligus...