Kemenkum HAM: Pengelola Pasar Babakan Menyerobot

Date:

Banten Hits – Pengelola Pasar Babakan, Cikokol, Kota Tangerang, disebut telah menyerobot tanah milik negara yang dikuasai Kementerian Hukum dan HAM. Pasar Babakan juga tak pernah memiliki izin atau kerjasama pemanfaatan dengan melibatkan Kemenkumham selaku pemilik lahan.

“Tanya ke mereka (pengelola Pasar Babakan), mereka punya izin apa? Lahan itu memang tidak kami gunakan, tapi tidak bisa seenaknya main bangun,” kata Kepala Biro Humas Kemenkum HAM Efendi B Paranginangin saat dihubungi Banten Hits melalui telepon genggamnya, Rabu (4/5/2016).

Menurut Efendi, instansinya akan segera mempertanyakan dasar pengelolaan Pasar Babakan oleh PT Panca Karya Griyatama sejak tahun 2007 silam. Semestinya, pengelola Pasar Babakan mengikuti aturan pemanfaatan lahan negera sesuai aturan yang telah ditetapkan.

“Kami sebetulnya tidak keberatan, apalagi untuk kepentingan masyaraskat banyak,” jelasnya.

BACA JUGA : Ini Aturan soal Tata Cara Pengelolaan Barang Milik Negara, Seperti Apa Pemanfaatan Pasar Babakan?

Meski pengelola Pasar Babakan sudah terang-terangan memanfaatkan lahan negara secara ilegal, namun mereka seolah tak tersentuh hukum. Bahkan, Ketua PDIP Kota Tangerang Hendri Zein menyebut, semua stake holder di Kota Tangerang bungkam soal Pasar Babakan.

“Dalam hal ini, DPRD Kota Tangerang, Polisi, dan Kejaksaan, seharusnya dapat menelusuri perosalaan Pasar Babakan tersebut. Kalau saya lihat, semua stakeholder di Tangerang ini semuanya diam mengenai Pasar Babakan,” tegasnya.

BACA JUGA : PDIP Sebut DPRD, Polri dan Kejaksaan Bungkam soal Pasar Babakan

PT Panca Karya Griyatama yang juga merupakan pengembang Tangerang City Mall, akhirnya mengakui jika mereka pengelola Pasar Babakan yang berdiri di tanah milik Kementerian Hukum dan HAM, Kelurahan Babakan, Kecamatan Tangerang, Kota Tangerang.

Dalam beberapa kesempatan wawancara, salah seorang direksi PT Panca Karya Griyatama, Norman Eka Saputra selalu berkelit dan mengatakan perusahaannya tak pernah mengelola Pasar Babakan, apalagi mengetahui transaksi pedagang dengan PT Panca Karya Griyatama.

“Silakan telusuri. Tak ada satu rupiah pun uang dari Pasar Babakan mengalir ke PT Panca Karya Griyatama,” kata pria yang akrab disapa Eka ini kepada Banten Hits lewat telepon genggam, beberapa waktu lalu.

(BACA JUGA : Yogi Yogaswara Akui PT Panca Karya Griyatama Kelola Pasar Babakan Atas Perintah WH)

Terkait aliran uang keuntungan pengelolaan Pasar Babakan ini, Yogi Yogaswara yang disebut di internal PT Panca Karya Griyatama sebagai orang yang paling mengetahui soal Pasar Babakan, mengakui jika keuntungan dari pengelolaan Pasar Babakan ini tidak mengalir ke rekening PT Panca Karya Griyatama.

BACA JUGA: Keuntungan Pengelolaan Pasar Babakan Hanya Mengalir ke Rekening Yogi Yogaswara

“Memang (tidak masuk ke rekening perusahaan). Ada rekening khusus,” kata Yogi saat dihubungi Banten Hits, Kamis (12/11/2015).(Rus)

 

Author

  • Darussalam J. S

    Darusssalam Jagad Syahdana mengawali karir jurnalistik pada 2003 di Fajar Banten--sekarang Kabar Banten--koran lokal milik Grup Pikiran Rakyat. Setahun setelahnya bergabung menjadi video jurnalis di Global TV hingga 2013. Kemudian selama 2014-2015 bekerja sebagai produser di Info TV (Topaz TV). Darussalam JS, pernah menerbitkan buku jurnalistik, "Korupsi Kebebasan; Kebebasan Terkorupsi".

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Jumat Curhat Polda Metro Jaya di Legok; Cara Humanis Polsek Legok Ciptakan Kamtibmas dan Dekatkan Diri ke Warga

Berita Tangerang - Kejahatan jalanan dan kenakalan remaja menjadi...

Respons Aduan Warga, KASN Lakukan Analisa dan Akan Minta Klarifikasi Sekda Kabupaten Tangerang

Berita Tangerang - Komisi Aparatur Sipil Negara atau KASN...

Sekda Kabupaten Tangerang Dilaporkan Warga Sukamulya ke KASN terkait Dugaan Pelanggaran Etik ASN

Berita Tangerang - Sekretaris Daerah atau Sekda Kabupaten Tangerang,...

Digugat Warga dan ‘Diminta’ Pengembang, Bagaimana Nasib 24 Aset Milik Pemkab Tangerang Sekarang?

Berita Tangerang - Sedikitnya 24 aset Pemkab Tangerang saat...