Puluhan Kader HMI di Serang Desak Wakil Ketua KPK Saut Situmorang Dicopot

Date:

Banten Hits – Pernyataan Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Saut Sitomorang di program talkshow Benang Merah di stasiun televisi swasta TV One berbuntut panjang.

Puluhan mahasiswa yang tergabung dalam Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Serang yang berunjuk rasa di perempatan Ciceri, Kota Serang, Senin (9/5/2016) mendesak agar Saut dicopot dari jabatan Wakil Ketua lembaga Antirasuah tersebut.

“Pernyataan Saut yang menuduh HMI dekat dengan korupsi adalah tuduhan yang tidak mendasar,” kata Ketua Umum HMI Cabang Serang Abdul Basyar dalam orasinya.

Menurutnya, HMI yang merupakan lembaga pengkaderan mahasiswa sudah banyak memberikan kontribusi pada Indonesia, termasuk pada pemberantasan korupsi.

“Undang-undang KPK juga lahir dari alumni-alumni HMI. Bahkan beberapa alumni HMI pernah menduduki jabatan sebagai pimpinan KPK. Artinya, HMI menjadikan korupsi sebagai musuh di negeri ini. Bukan seperti yang dituduhkan Saut,” tegasnya.

Selain berorasi, mahasiswa juga akan menuju ke Mapolda Banten untuk melaporkan perbuatan yang dinilai mencemarkan nama baik organisasi yang berdiri pada 5 Februari 1947 ini.

“Kami akan ke POlres dan Polda untuk melaporkan perbuatan tidak menyenangkan dan mencemarkan nama baik HMI yang dilakukan Saut. Aksi juga dilakukan oleh semua kader HMI dan KAHMI se-Indonesia,” ungkapnya.

Pantauan di lokasi aksi, selain membenatangkan spanduk bertuliskan copot Saut Sitomorang dari KPK, massa juga mengenakan topeng bergambar Saut.

“Sekali lagi, musuh kami adalah Saut. Kami mendukung KPK tetap bersih menjalankan tugasnya memberantas korupsi. Karenana KPK harus dipimpin oleh orang-orang memiliki integritas, bukan orang yang suka menebar fitnah dan kebencian sesuka hatinya,” paparnya.

Dikutip dari lensaindonesia.com, di program talkshow Kamis (5/5/2016), Saut memuji kader HMI saat masih berstatus mahasiswa karena cerdas. Namun menurut Saut, kondisi tersebut berubah ketika mereka menduduki sebuah jabatan.

“Mereka orang-orang cerdas ketika mahasiswa. Kalau HMI minimal LK 1 tapi ketika menjadi pejabat mereka korup dan sangat jahat,” kata Saut.(Nda)

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Digugat Warga dan ‘Diminta’ Pengembang, Bagaimana Nasib 24 Aset Milik Pemkab Tangerang Sekarang?

Berita Tangerang - Sedikitnya 24 aset Pemkab Tangerang saat...

Sepanjang 3-15 April 2024, Jumlah Penumpang di Terminal Poris Plawad Mencapai 1.000 Orang Per Hari

Berita Tangerang - Sepanjang 3-15 April 2024 atau selama...

Angka Kecelakaan saat Mudik Lebaran 2024 Menurun, Pelanggaran ETLE Meningkat

Berita Jakarta - Angka kecelakaan saat Mudik Lebaran 2024...