Connect with us

METROPOLITAN

Pemkab Lebak Kaji Pencairan ADD untuk Warga Baduy

Published

on

Banten Hits – Pemkab Lebak melalui Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMPD) akan mengkaji ulang pencairan Anggaran Dana Desa (ADD) untuk Desa Kanekes, yang merupakan wilayah tinggal warga suku adat Baduy.

 

“Kita perlu kaji ulang dan dibicarakan dengan SKPD terkait, karena mereka punya adat sendiri dalam pembangunan. Jadi, dalam membentuk persyaratannya pun harus benar-benar selektif, agar anggaran selama 6 tahun bisa terserap,” kata Kabid Pemdes BPMPD Lebak, Lingga Segara, kepada awak media, Senin (16/5/2016).

Sama seperti Desa lainnya, untuk mencairkan ADD, Pemerintah Desa Kanekes juga harus membuat tiga syarat wajib diantaranya, Rencana Kegiatan Pembangunan Desa (RKPDes), Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJM-Des), dan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes).

BACA :  Nawa Said Minta Pemprov Banten Audit Dana Hibah Daerah Tahun 2018 - 2020

Lingga mengaku, untuk membuat ketiga syarat pencairan ADD Desa Kanekes tentu membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Hal ini agar anggaran Miliran rupiah yang direaliasikan benar-benar mampu memajukan Desa yang berada di Kecamatan Leuwidamar tersebut.

“Sekarang masih proses musyawarah, kalau syaratnya sudah terpenuhi, Kepala Desa dan bendahara bisa langsung mencairkan anggarannya di DPPKAD,” jelasnya.

Lebih lanjut Segara menuturkan, selain Desa Kanekes, ada 10 Desa lainnya yang juga belum menyerahkan ketiga syarat tersebut. Padahal, pada bulan Mei 2016, Desa sudah bisa mencairkan dana yang dibagi dalam beberapa tahap.

Sepuluh Desa itu diantaranya, Desa Pasar Keong, Cibadak, Mekar Jaya, Mekar Mulya, Pasir Gintung dan Parakan Besi dan 4 Desa di Kecamatan Cirinten.

BACA :  Surati Jokowi, Imala Minta Kenaikan PNBP Dikaji Ulang

“Seharusnya kalau mereka (Desa-red) sudah mengumpulkan 3 syarat itu, sekitar Rp.500 juta sudah bisa masuk ke kas Desa,” imbuhnya.(Nda)



Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler