Guru Hentikan KBM untuk Piknik, Ini Penjelasan Dindikbud Pandeglang

Date:

Banten Hits – Guru di SDN 1 dan 4 Kadomas, Kecamatan Pandeglang, Kabupaten Pandeglang, disebut telah menghentikan Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) di dua sekolah itu untuk berlibur ke Pantai Carita, Rabu (25/5/2016). Selain menikmati suasana pantai, para guru juga menghadiri acara perpisahan Kepala SDN 1 Kadomas yang pensiun.

BACA JUGA: Wali Murid Sesalkan Acara Guru SDN Kadomas Pandeglang ke Carita

Kepala Seksi Kurikulum Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Pandeglang Warso mengungkapkan, Dindikbud tidak membenarkan adanya sekolah yang menghentikan jam pelajaran dengan alasan di luar kepentingan siswa. Pasalnya, guru wajib memenuhi hak siswa memperoleh pendidikan sesuai jadwal dan kalender pendidikan. Dengan begitu apa yàng dilakukan para guru tersebut pihaknya tidak setuju.

“Saya sudah mencari informasi ke UPT, namun kata UPT tidak ada informasi kaitan dengan KBM yang tidak sampai akhir hari ini di dua SDN Itu. Saya juga tidak setuju dengan kegiatan itu, karena masih bisa dilaksanakan setelah jam pelajaran selesai kan,” kata Warso kepada wartawan, Rabu (25/5/2016).

Menurut Warso, saat ini tengah memasuki persiapan Ujian Kenaikkan Kelas (UKK) yang akan dilaksanakan Senin (30/5/2016) pekan depan. Seharusnya, pihak sekolah mengintensifkan jam belajar agar siswa siap menghadapi ujian.

“Ini tidak dibenarkan, karena jam pelajaran sudah jelas. Kalender pendidikan juga jelas bahwa minggu ini adalah minggu efektif bagi kegiatan belajar mengajar di sekolah. Apalagi saat ini masa menghadapi UKK, jadi harusnya sekolah lebih mengintensifkan kegiatan dalam rangka membekali peserta didik menghadapi UKK,” terangnya.

Namun demikian, Warso belum dapat memastikan sanksi yang akan diberlakukan bagi kepala sekolah maupun guru di dua SDN tersebut, karena pihaknya akan mempelajari terlebih dahulu pelanggaran yang dilakukan.

“Kalau sanksi nanti akan kita pelajari sampai sejauh mana kaitan dengan pelanggaran yang dilakukan. Nanti juga akan saya laporkan ke kepala dinas menyikapi yang terjadi di SDN tersebut,” pungkasnya.(Rus)

 

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Respons Aduan Warga, KASN Lakukan Analisa dan Akan Minta Klarifikasi Sekda Kabupaten Tangerang

Berita Tangerang - Komisi Aparatur Sipil Negara atau KASN...

Sekda Kabupaten Tangerang Dilaporkan Warga Sukamulya ke KASN terkait Dugaan Pelanggaran Etik ASN

Berita Tangerang - Sekretaris Daerah atau Sekda Kabupaten Tangerang,...

Digugat Warga dan ‘Diminta’ Pengembang, Bagaimana Nasib 24 Aset Milik Pemkab Tangerang Sekarang?

Berita Tangerang - Sedikitnya 24 aset Pemkab Tangerang saat...

Sepanjang 3-15 April 2024, Jumlah Penumpang di Terminal Poris Plawad Mencapai 1.000 Orang Per Hari

Berita Tangerang - Sepanjang 3-15 April 2024 atau selama...