Connect with us

Pemkot Tangerang

Pemkot Tangerang Raih BKN Award 2016

Published

on

Kota Tangerang – Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang kembali diapresiasi karena upaya dan kinerjanya. Kali ini apresiasi itu datang dari Badan Kepegawaian Negara (BKN) yang memberikan penghargaan BKN Award 2016.

 

Penghargaan diberikan kepada Pemkot Tangerang pada Rapat Koordinasi Nasional Kepegawaian 2016, Kamis (26/5/2016), di Hotel Bidakara, Jakarta Pusat.

Penghargaan yang diterima yaitu juara umum Pengelola Kepegawaian Terbaik Tingkat Nasional, Terbaik Pertama Tingkat Nasional untuk Kategori Implementasi Penilaian Kinerja serta sebagai BKD Inovatif.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Tangerang Dadi Budaeri mengatakan, penghargaan tersebut merupakan bentuk apresiasi dari BKN atas upaya yang dilakukan Pemkot Tangerang, karena dinilai berupaya memberikan perhatian terhadap peningkatan manajemen pengelolaan kepegawaian di lingkup Pemerintah Daerah.

Kesungguhan itu kata Dadi diantaranyam, melalui pengelolaan Sistem Informasi Kepegawaian Daerah (Sikda) yang diakui memiliki tingkat akurasi tinggi dan terintegrasi dengan sistem informasi lainnya. Kemudian, penerapan implementasi penilaian kinerja yang dilakukan oleh Pemkot Tangerang yang dianggap sangat aplikatif, dan sudah mengacu pada Peraturan Pemerintah Nomor 46 Tahun 2011 tentang Penilaian Prestasi Kerja Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan menuju pada penerapan single salary sesuai amanat Undang-undang Aparatur Sipil Negara (ASN), yang turut dibuktikan dengan telah dijadikan bahan studi komparasi dan rujukan oleh beberapa instansi dan Pemerintah Daerah di Indonesia.

Selain itu, lanjut Dadi, tersedianya layanan pemensiunan satu pintu sehingga pegawai yang akan memasuki masa pensiun tidak perlu repot mengurusnya. Tinggal terima surat keputusan dan segala hak pensiunnya.

Adanya unit penilaian kompetensi atau assesment center dalam penilaian kompetensi pegawai, yang didukung keberadaan enam asesor, serta inovasi melalui beberapa aplikasi yang dibangun untuk mempermudah dan mempercepat layanan kepegawaian.

“Kita akan terus berupaya meningkatkan manajemen pengelolaan ASN yang ada. Penghargaan ini, alhamdulillah karena berkat kerja keras seluruh jajaran pegawai di Pemkot Tangerang,” ungkap Sekda.

Lalu, bagaimana tanggapan Walikota Tangerang Arief R. Wismansyah atas BKN Award 2016?

Saat memimpin apel pagi, Jumat (27/5), di Pusat Pemerintah Kota Tangerang, Arief menuturkan, diraihnya BKN Award tersebut harus diikuti dengan tanggung jawab dan performa terbaik dalam bekerja dan pelayanan.

“Pegawai itu aset terbesar Pemkot Tangerang,” kata Arief.

Oleh karena itu, Pemkot Tangerang akan terus meningkatkan kualitas SDM maupun sarana dan prasarana pendukung pelayanan untuk para pegawai maupun untuk pelayanan kepada masyarakat, dengan terus mengembangkan inovasi-inovasi seperti halnya melalui Sikda, unit penilaian kompetensi, implementasi penilaian kinerja melalui Sasaran Kinerja Pegawai (SKP) secara online.

“Itu semua untuk semakin mempermudah pekerjaan dan pelayanan,” jelas Walikota.

Menurutnya, dengan penataan dan pengelolaan kepegawaian yang terintegrasi dan terimplementasikan dengan baik, diharapkan, kapasitas dan profesionalitas PNS dalam pelayanan dan pekerjaan akan semakin meningkat.

Diraihnya penghargaan BKN Award 2016, lanjut Arief harus mampu memacu semua jajaran Pemkot Tangerang untuk semakin baik dalam mengaplikasikan manajemen kepegawaian di lingkup Pemkot Tangerang.

“Makanya dibutuhkan komitmen seluruh pihak khususnya Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan Kota Tangerang, yakni dengan memaksimalkan sarana dan prasarana yang sudah dimiliki,” ujarnya.

Kedepan dengan sistem yang dimiliki, harus dapat semakin dimanfaatkan guna memudahkan para ASN dalam melakukan proses administrasi kepegawaiannya.

“Seperti kenaikan pangkat pegawai yang tidak lagi menggunakan pola lama, tapi dimulai dengan cara baru. Yakni, proses naik pangkat ASN yang secara otomatis terintegrasi di sistem komputer,” urainya.

“ASN tidak lagi menyiapkan berkas dan bahan kelengkapan lainnya karena seluruhnya telah otomatis terinput ke dalam komputer. Tinggal diperbarui saja kalau ada tambahan. Urusan naik pangkat pegawai lebih mudah tanpa urus berkas. Termasuk, proses kenaikan gaji berkala pegawai dan lainnya,” sambung Arief.

Walikota mengimbau, Seluruh aparatur harus terus bersinergi dan bekerjasama satu sama lain didalam membantu setiap pelaksanaan kegiatan. Segala program pembangunan dan kegiatan didalamnya, harus didukung dengan komitmen dan kedisiplinan Sehingga berjalan maksimal.

“Perangkat yang sudah ada manfaatkan untuk kemudahan kita semua dalam menyelesaikan pekerjaan dan pelayanan untuk pegawai maupun untuk masyarakat,” pinta Arief seraya mengucapkan terima kasih kepada seluruh ASN di lingkup Pemkot Tangerang atas kerja keras dan upaya mewujudkan Kota Tangerang yang semakin maju dan sejahtera.

Untuk diketahui, BKN Award merupakan penghargaan kepada instansi yang berhasil dalam menyelenggarakan manajemen ASN secara kreatif, inovatif, akuntabel, konsisten, sesuai dengan kaidah, norma, standar dan prosedur yang berlaku. Penghargaan yang diberikan diharapkan dapat menjadi motivasi bagi pengelola kepegawaian di instansi, mendorong kreatifitas dan inovasi, serta penggunaan teknologi informasi dalam pelaksanaan manajemen ASN.(Humas Kota Tangerang)

Trending