Awasi Peredaran Mamin Berbahaya, Dinkes Bakal Gelar Rakor dengan BPOM Banten

Date:

Banten Hits – Pemerintah Kota (Pemkot) Serang melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) akan mengawasi peredaran makanan dan minuman (mamin) yang dijajakan para pedagang selama bulan puasa.

Pengawasan tersebut guna mengantisipasi beredarnya mamin yang menjadi hidangan khas berbuka selama bulan Ramadan, mengandung bahan-bahan berbahaya bagi masyarakat.

“Di bulan puasa pasti banyak makan dan minuman khas yang memang diburu masyarakat sebagai hidangan buka puasa, nah kita akan awasi ini khawatir makanan dan minuman yang dijual mengandung bahan berbahaya,” kata Sekretaris Dinkes Kota Serang, Toyalis, kemarin.

Guna lebih mematangkan pengawasan mamin selama bulan Ramadan dan Idul Fitri, Dinkes akan melakukan koordinasi dengan Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) Banten.

“Kita diundang rakor hari Jumat (3/7/2016) oleh BPOM Banten untuk membahas makanan dan minuman yang mengandung bahan-bahan berbahaya,” jelas Toyalis.

Meski melakukan pengawasan, pihaknya tetap mengimbau kepada para pedagang mamin untuk tidak menggunakan bahan yang justru bisa membahayakan kesehatan konsumen.

“Penjual kami minta jangan mencampur makanan atau minuman yang dijual dengan bahan-bahan berbahaya, seperti pewarna yang berlebihan apalagi dengan formalin. Karena, pengalaman tahun lalu itu terjadi dan banyak ditemukan di kolang-kaling, dan kepada masyarakat tetap berhati-hati dan jeli memilih makanan yang akan dikonsumsi,” paparnya.(Nda)

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Jumat Curhat Polda Metro Jaya di Legok; Cara Humanis Polsek Legok Ciptakan Kamtibmas dan Dekatkan Diri ke Warga

Berita Tangerang - Kejahatan jalanan dan kenakalan remaja menjadi...

Respons Aduan Warga, KASN Lakukan Analisa dan Akan Minta Klarifikasi Sekda Kabupaten Tangerang

Berita Tangerang - Komisi Aparatur Sipil Negara atau KASN...

Sekda Kabupaten Tangerang Dilaporkan Warga Sukamulya ke KASN terkait Dugaan Pelanggaran Etik ASN

Berita Tangerang - Sekretaris Daerah atau Sekda Kabupaten Tangerang,...

Digugat Warga dan ‘Diminta’ Pengembang, Bagaimana Nasib 24 Aset Milik Pemkab Tangerang Sekarang?

Berita Tangerang - Sedikitnya 24 aset Pemkab Tangerang saat...