Connect with us

Pemkot Tangerang

Pantau Bahan Pokok di Pasar Anyar, Arief: Pedagang Harus Jujur

Published

on

Kota Tangerang – Selepas memimpin apel pagi dan melakukan halal bi halal, Walikota Tangerang, Arief R. Wismansyah bergegas ke Pasar Anyar untuk mengecek ketersediaan pasokan bahan makanan menjelang bulan puasa.

“Jangan sampai terjadi kelangkaan bahan pokok di Kota Tangerang, makanya mau kita cek nih,” ujar Arief saat menuju Pasar Anyar, Jumat (3/6/2016).

Momen seperti puasa, Lebaran dan hari besar lainnya, memang kerap kali dimanfaatkan oleh para spekulan untuk meraup keuntungan sebesar-besarnya. Dengan menimbun stok bahan pokok hingga terjadi kelangkaan kemudian menjualnya dengan harga tinggi.

Arief, yang turut didampingi Kepala Dinas Industri, Perdagangan dan Koperasi (Indagkop), Sayuti, dan Direktur Utama Perusahaan Daerah (PD) Pasar Kota Tangerang, Titin Mulyati.

Menurut Walikota, kenaikan harga kebutuhan bahan pokok kerap kali terjadi di sebagian besar daerah di Indonesia, terutama saat akan memasuki bulan puasa hingga lebaran. Salah satu penyebabnya adalah tingginya permintaan konsumen terhadap beberapa komoditas tertentu.

Arief berharap, distributor dan para pedagang tidak mempermainkan harga jelang puasa karena dapat membebani masyarakat menghadapi bulan suci Ramadan.

“Pedagang harus jujur biar berkah dan semakin laku jualannya,” pesan Arief kepada para pedagang di Pasar Anyar.

Direktur Utama PD. Pasar, Titin Mulyati menjelaskan, secara umum harga-harga bahan pokok di Pasar Anyar khususnya menjelang Ramadan, harga bahan pokok masih stabil, kecuali harga daging sapi.

Jika pun ada kenaikan harga bahan pokok lainnya seperti minyak, gula, kenaikannya masih dalam batas kewajaran. Bahkan, untuk beras harganya masih normal.

“Untuk stok bahan pokok, hingga lebaran juga masih tersedia. Kita harap saat Ramadan hingga Lebaran tidak ada kenaikan yang signifikan,” katanya.

Perkembangan harga kebutuhan bahan pokok, kata Titin, tentunya akan terus dikoordinasikan dengan Pemkot Tangerang. Seperti halnya koordinasi terkait operasi pasar bersama Indagkop yang rencananya pekan ini dilaksanakan bersama.

Dirinya pun berterima kasih atas dukungan Pemkot Tangerang. Melalui berbagai sarana dan prasarana pendukung kegiatan perdagangan di Kota Tangerang. Seperti halnya melalui revitalisasi pasar serta kemudahan akses dengan dukungan infrastruktur jalan yang memadai bagi kelancaran berbagai pasokan yang masuk ke Kota Tangerang sehingga ketersediaan bahan pokok pun dapat terpenuhi dengan baik.

Sementara itu, Kepala Bidang Perdagangan, Achmad Suhaely menyatakan, berdasarkan pantauan langsung yang dilakukan oleh Dinas Indagkop, kondisi harga kebutuhan pokok selama tiga bulan terakhir relatif stabil, termasuk harga daging yang masih dalam batas normal.

“Yang lonjakannya lumayan itu bawang dan cabai merah, untuk daging masih stabil antara Rp115-120 ribu per kilogramnya,” ucap Suhaely.

Sebagai informasi, berdasarkan peninjauan yang Walikota bersama jajarannya, memang terjadi kenaikan beberapa produk. Diantaranya, daging sapi dari harga Rp115 ribu menjadi Rp120. Padahal, di sejumlah daerah kenaikan harga daging sapi bisa mencapai Rp150 ribu per kilogram.(Humas Kota Tangerang)

Trending