Connect with us

METROPOLITAN

Laporkan Jalan dan Drainase Rusak di Tangsel lewat SIMANJA

Published

on

 

Banten Hits – Jalan dan drainase rusak yang berada di kewenangan Pemkot Tangerang Selatan (Tangsel) ternyata bisa dipantau dan dilaporkan langsung masyarakat setempat, menyusul diluncurkannya aplikasi SIMANJA oleh Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air (DBMSDA) Kota Tangsel. SIMANJA kini sudah didaftarkan di Google Playstore.

SIMANJA atau Sistem Manajemen Jalan Kota dan Straregis Kota digagas Kasi Data dan Informasi DBMSDA Kota Tangsel Imanudin. Aplikasi ini sudah dilombakan dalam Pameran dan Lomba Inovasi Proyek Perubahan yang digelar Badan Pendidikan dan Pelatihan (Badiklat) Provinsi Banten. Alhasil, program itu menyambet urutan dua.

“SIMANJA bisa di-download langsung oleh masyarakat yang memiliki handphone berbasis android. Nantinya, masyarakat bisa melakukan pengaduan atau pun mengusulkan perbaikan jalan dan drainase melalui aplikasi itu,” kata Imanudin, Selasa (7/6/2016).

BACA :  Viral Video Polisi 'Smackdown' Peserta Demo di Detik-detik HUT Kab. Tangerang ke- 389

Ada tiga jalur layanan pengaduan yang bisa dipilih masyarakat, yakni melalui SMS, via telepon ataupun melalui email. Caranya pun mudah, masyarakat tinggal menekan salah satu dari tiga jalur Layanan itu untuk melakukan pengaduan.

“Layanan Pengaduan ini terkoneksi langsung dengan pimpinan. Jadi bisa langsung ditindaklanjuti,” kata Imanudin.

Tak hanya layanan pengaduan saja, dalam aplikasi SIMANJA, masyarakat juga bisa mencari info soal jalan. Untuk saat ini, terdapat data dua jenis jalan, yakni jalan kota dan jalan strategis kota.

“Untuk yang lainnya, akan terus dikembangkan aplikasinya,” katanya.

Sementara Kepala DBMSDA Kota Tangsel Retno Prawati menambahkan, pihaknya terus mengoptimalkan pelayanan kepada masyarakat, salah satunya melalui pembukaan layanan pengaduan yang bisa diakses dengan berbagai cara.

BACA :  Komplotan Pengedar Uang Palsu Diringkus Polda Banten

“Kami terus memperbaiki pelayanan. Harapannya, SIMANJA mampu menjadi sumber informasi bagi yang membutuhkan, mulai dari stakeholder maupun bagi pengguna dan penyedia jasa,” pungkasnya.(Rus)



Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Terpopuler