Laporkan Jalan dan Drainase Rusak di Tangsel lewat SIMANJA

Date:

 

Banten Hits – Jalan dan drainase rusak yang berada di kewenangan Pemkot Tangerang Selatan (Tangsel) ternyata bisa dipantau dan dilaporkan langsung masyarakat setempat, menyusul diluncurkannya aplikasi SIMANJA oleh Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air (DBMSDA) Kota Tangsel. SIMANJA kini sudah didaftarkan di Google Playstore.

SIMANJA atau Sistem Manajemen Jalan Kota dan Straregis Kota digagas Kasi Data dan Informasi DBMSDA Kota Tangsel Imanudin. Aplikasi ini sudah dilombakan dalam Pameran dan Lomba Inovasi Proyek Perubahan yang digelar Badan Pendidikan dan Pelatihan (Badiklat) Provinsi Banten. Alhasil, program itu menyambet urutan dua.

“SIMANJA bisa di-download langsung oleh masyarakat yang memiliki handphone berbasis android. Nantinya, masyarakat bisa melakukan pengaduan atau pun mengusulkan perbaikan jalan dan drainase melalui aplikasi itu,” kata Imanudin, Selasa (7/6/2016).

Ada tiga jalur layanan pengaduan yang bisa dipilih masyarakat, yakni melalui SMS, via telepon ataupun melalui email. Caranya pun mudah, masyarakat tinggal menekan salah satu dari tiga jalur Layanan itu untuk melakukan pengaduan.

“Layanan Pengaduan ini terkoneksi langsung dengan pimpinan. Jadi bisa langsung ditindaklanjuti,” kata Imanudin.

Tak hanya layanan pengaduan saja, dalam aplikasi SIMANJA, masyarakat juga bisa mencari info soal jalan. Untuk saat ini, terdapat data dua jenis jalan, yakni jalan kota dan jalan strategis kota.

“Untuk yang lainnya, akan terus dikembangkan aplikasinya,” katanya.

Sementara Kepala DBMSDA Kota Tangsel Retno Prawati menambahkan, pihaknya terus mengoptimalkan pelayanan kepada masyarakat, salah satunya melalui pembukaan layanan pengaduan yang bisa diakses dengan berbagai cara.

“Kami terus memperbaiki pelayanan. Harapannya, SIMANJA mampu menjadi sumber informasi bagi yang membutuhkan, mulai dari stakeholder maupun bagi pengguna dan penyedia jasa,” pungkasnya.(Rus)

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Jumat Curhat Polda Metro Jaya di Legok; Cara Humanis Polsek Legok Ciptakan Kamtibmas dan Dekatkan Diri ke Warga

Berita Tangerang - Kejahatan jalanan dan kenakalan remaja menjadi...

Respons Aduan Warga, KASN Lakukan Analisa dan Akan Minta Klarifikasi Sekda Kabupaten Tangerang

Berita Tangerang - Komisi Aparatur Sipil Negara atau KASN...

Sekda Kabupaten Tangerang Dilaporkan Warga Sukamulya ke KASN terkait Dugaan Pelanggaran Etik ASN

Berita Tangerang - Sekretaris Daerah atau Sekda Kabupaten Tangerang,...

Digugat Warga dan ‘Diminta’ Pengembang, Bagaimana Nasib 24 Aset Milik Pemkab Tangerang Sekarang?

Berita Tangerang - Sedikitnya 24 aset Pemkab Tangerang saat...