Connect with us

Kota Tangerang

Pemkot Tangerang Luncurkan Kampung Ramadan

Published

on

 

Kota Tangerang – Bulan Ramadan adalah bulan yang paling ditunggu oleh semua umat muslim dunia. Pada bulan tersebut seluruh umat muslim dunia diwajibkan menjalankan kewajiban berpuasa selama 30 hari lamanya. Karenanya banyak berkah dan hidayah yang bisa di dapatkan di bulan suci Ramadan.

Bulan suci Ramadan juga sangat berbeda dengan bulan-bulan biasanya. Segala aktivitas mulai dari pekerjaan akan berubah di bulan Ramadan. Untuk itu banyak hal yang selalu dilakukan banyak orang di bulan Ramadan dan tidak dilakukan pada bulan-bulan lainnya selain bulan Ramadan.

Di Indonesia sendiri banyak hal-hal yang hanya bisa dijumpai pada bulan Ramadan saja. Sebut saja acara buka bersama hingga acara ngabuburit yang menjadi suatu kegiatan yang selalu di lakukan pada bulan Ramadan.

Dan untuk itu, dalam rangka mensyiarkan nilai-nilai Islam khususnya pada bulan Ramadan Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang, Minggu (05/06/2016) meluncurkan program Kampung Ramadan di Masjid Al Mubarok, Kelurahan Panunggangan, Kecamatan Pinang. Kegiatan yang diinisiasi oleh Wali Kota Arief R. Wismansyah selain berisi kegiatan khas Ramadhan seperti pesantren kilat juga berisi berbagai lomba dan bazar makanan, kue takjil dan sembako.

“Intinya adalah masyarakat bisa terlibat dalam pembangunan lewat partisi aktif dalam kegiatan Gebyar Ramadan, karena nanti masyarakat juga kita ajak untuk membudayakan hidup bersih di lingkungan masing-masing terutama di masjid dan musala, lewat lomba Masjid Bersih dan Kampung Bersih yang menjadi salah satu rangkaian Kampung Ramadan,” beber Wali Kota.

“Program ini selain bertujuan untuk menyemarakkan bulan Ramadhan sekaligus untuk kembali membangun budaya gotong royong diantara masyarakat perkotaan yang cenderung individualis dan apatis,” imbuhnya.

Dikatakannya, kegiatan tersebut juga diharapkan mampu melahirkan generasi Qurani yang tidak hanya bisa membaca Al Quran tapi juga mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari.

“Karena inikan sebenarnya program lanjutan dari program Magrib Mengaji, kita nanti juga akan gelar Lomba Tahfidz Quran tapi juz 30 aja, sasarannya anak-anak,” terangnya.

Wali Kota juga menambahkan program Kampung Ramadan tersebut selain bertujuan untuk mensyiarkan nilai-nilai islam sekaligus juga menjadi ajang promosi bagi produk-produk UKM lokal dari Kecamatan dan Kelurahan. Karena di Kampung Ramadhan juga akan digelar Bazar Ramadhan selain berisi Bazar Sembako Murah juga jajanan khas di masing-masing wilayah.

“Ini juga bisa mendorong pertumbuhan perekonomian di Kota Tangerang selama bulan Ramadhan, terutama masyarakat kecil. Selain tentunya sebagai bentuk intervensi terhadap harga kebutuhan pokok yang biasanya melonjak selama Ramadan dan Idul Fitri,” Ujarnya.

Sebagai informasi, Kampung Ramadan berisi berbagai lomba tingkat RT/RW se-Kota Tangerang, antara lain Lomba Gerbang RT/RW, Lomba Masjid Bersih, Lomba Kampung Bersih, Cerdas Cermat, Lomba Tahfidz Quran serta Bazar Ramadan di 13 Kecamatan di Kota Tangerang.(Humas Pemkot Tangerang)

Trending