Connect with us

METROPOLITAN

H-5 Lebaran Truk Pengangkut Barang Dilarang Masuk Pelabuhan Merak

Published

on

Banten Hits – Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melarang truk-truk besar bermuatan barang beroperasi mulai H-5 hingga H+3 Idul Fitri. Larangan tersebut dituangkan melalui Surat Edaran (SE) Nomor 22 Tahun 2016.

Larangan operasional terhadap kendaraan besar tersebut termasuk truk yang akan melintasi Pelabuhan Merak. Aturan tersebut guna meminimalisir kemacetan kendaraan saat arus mudik Lebaran tahun ini.

”Ini berlaku untuk kendaraan besar dengan sumbu lebih dari dua,” kata Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub, Pudji Hartono, saat menggelar rakor persiapan angkutan lebaran dengan instasi terkait, di PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Merak, Jum’at (10/6/2016)

Diharapkan kata Pudji, dengan larangan tersebut, arus kendaraan para pemudik yang akan menyebrang dari Pelabuhan Merak berjalan lancar. Namun, aturan itu tidak berlaku pada kendaraan bermuatan sembako.

BACA :  Jembatan Penghubung Dua Desa di Pandeglang Ambruk, Truk Tercebur ke Sungai

”Kalau pengangkut sembako dan bahan makanan lain itu dibolehkan menuju Merak,” ujarnya.

Diprediksi, jumlah kendaraaan selama arus mudik tahun ini akan mengalami peningkatan. Untuk itu, para pengusaha kendaraan diharapkan mematuhi aturan tersebut.

General Manager PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Merak, Tommy Kaunang menjelaskan, untuk mengantuisipasi lonjakan penumpang pada arus mudik. Pihaknya akan menambah jumlah kapal.

”Kita sudah siapkan 60 kapal penumpang untuk menghadapi puncak arus mudik tahun ini. Pada tahun lalu, kita menyiapkan 58 kapal,” imbuhnya.(Nda)



Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Terpopuler