Connect with us

METROPOLITAN

Pemerintah Sosialisasi Pembebasan Lahan Tol Serang-Panimbang

Published

on

Banten Hits – Wilayah Cibadak, Kabupaten Lebak menjadi salah satu wilayah yang masuk dalam pembangunan ruas Jalan Tol Serang-Panimbang.

Untuk mematangkan hal itu, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten bersama Kementerian PUPR, Rabu (22/6/2016), menggelar sosialisasi dengan ratusan masyarakat.

Camat Cibadak, Rahmat mengatakan, sosialiasi ini perlu dilakukan, karena pengukuran lahan dilakukan pihak Badan Pertahanan Nasional (BPN) setelah terbit SK Gubernur Banten.

“Rencananya kita akan diundang dalam rapat di Provinsi dengan Gubernur bulan ini,” kata Rahmat, kepada awak media.

Ada delapan Desa di Kecamatan tersebut yang terkena dampak pembangunan tol yang menjadi akses KEK Tanjung Lesung tersebut. Direncanakan, pembebasan selesai hingga dua tahun, dan pada tahun 2019 baru dimulai tahap pembangunannya.

“Masalah harga lahan kewenangannya dari Pemprov dan Kementrian PUPR, yang jelas harganya di atas NJOP,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Biro Pemprov Banten, Kusmayadi mengatakan, semua milik warga yang berada di atas lahan yang akan dibebaskan seperti bangunan, tanaman produktif dan tidak akan dibayar dengan nilai yang disesuaikan. Begitu juga dengan lahan pemakaman atau wakaf akan diganti dan dipindahkan dengan hukum yang berlaku.

“Bagi lahannya yang masih bermasalah atau sengekata tetap akan diratakan atau didoser bila sudah waktunya, karena pembayarannya telah kita siapkan yang dititipkan ke Pengadilan, karena penyelesainnya di sana,” jelasnya.(Nda)

Trending