Connect with us

METROPOLITAN

Vaksin Palsu di Tangerang Selatan Beredar di Jabodetabek

Published

on

Banten Hits – Direktorat Tindak Pidana Ekonomi Khusus (Tipid Eksus) Mabes Polri telah menggerebek produsen vaksin palsu di Perumahan Puri Bintaro Hijau, Kecamatan Pondok Aren, Kota Tangerang Selatan (Tangsel), Selasa (21/6/2016) sore. Pabrik tersebut memproduksi dan mendistribusikan vaksin tetanus, BCG, campak dan polio palsu.

BACA JUGA: Polisi Bongkar Produksi Vaksin Palsu di Tangerang

Direktur Tipid Eksus Bareskrim Polri Brigjen Pol Agung Setya kepada Banten Hits mengatakan, vaksin palsu tersebut menurut pengakuan para tersangka telah dipesan sejumlah pihak di seluruh Indonesia. Namun, penyidik Mabes Polri baru menemukan peredaran vaksi palsu itu di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek).

“Untuk wilayah peredaran mungkin di seluruh Indonesia, tapi dari penyelidikan di lapangan kita temukan di Jabodetabek,” ungkap Brigjen Agung Setya saat dihubungi Banten Hits lewat telepon selulernya, Rabu (22/6/2016) malam.

BACA :  Heboh! Nelayan Pandeglang Disambangi Hiu Paus saat Melaut di Perairan Ujung Kulon

Agung menjelaskan, dalam melakukan aksinya, para pelaku tidak mengenal pangsa pasar untuk wilayah peredaran vaksin palsu yang mereka buat. Mereka hanya menjual vaksin palsu tersebut kepada sejumlah pemesan.

“Salah satu tersangka memiliki apotek dan menjual vaksin asli. Tapi kalau meminta dikirim diberikannya vaksin palsu,” jelasnya.

Para tersangka dan barang bukti sudah diamankan di Mabes Polri untuk dimintai keterangan lebih lanjut atas dugaan pengedaran sediaan farmasi berupa obat/vaksin tanpa dilengkapi ijin edar dan atau tidak memenuhi standar dan/atau persyaratan keamanan, khasiat atau kemanfaatan, dan mutu. Tersangka bakal dijerat dengan pasal berlapis Undang-undang Nomor 8 tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen.(Rus)



Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Terpopuler