Connect with us

METROPOLITAN

Vaksin Palsu di Tangsel Terbongkar Setelah Rumah Sakit di Bogor Curiga

Published

on

Banten Hits – Praktik pembuatan vaksin palsu di Perumahan Puri Bintaro Hijau, Kecamatan Pondok Aren, Kota Tangerang Selatan (Tangsel), berhasil dibongkar Direktorat Tindak Pidana Ekonomi Khusus (Tipid Eksus) Mabes Polri, Selasa (21/6/2016) sore. Aksi itu terendus setelah sebuah rumah sakit di Bogor curiga terhadap vaksin yang dikirim para pelaku.

“Salah satu pengguna yaitu rumah sakit di daerah Bogor curiga terhadap kiriman vaksin yang diterima. Setelah kami telusuri dan ditemukannya distributor sengaja menjual vaksin palsu,” kata Direktur Tipid Eksus Bareskrim Polri, Brigjen Pol Agung Setya saat dihubungi Banten Hits, Rabu (22/6/2016) malam.

Agung menjelaskan, terkait kasus tersebut pihaknya telah mengamankan tujuh orang pelaku di tempat berbeda. Masing-masing pelaku adalah MF, TM, SN, AP, SR, RA dan MF. Salah seorang pelaku memiliki apotek yang beroperasi di wilayah Kota Tangsel.

BACA :  Vaksin Sinovac di Kota Tangerang Mulai Disuntikkan; Dokter Senior Ini Ungkap Reaksi saat Proses hingga Setelahnya

“Ketujuh pelaku memiliki peran yang berbeda, ada yang sebagai produsen, penjual hingga kurir,” jelas Agung.

Jenis vaksin yang diproduksi dan dijual para pelaku adalah vaksin tetanus, BCG, campak dan polio palsu. Vaksin palsu tersebut menurut pengakuan para tersangka telah dipesan sejumlah pihak di seluruh Indonesia. Namun, penyidik Mabes Polri baru menemukan peredaran vaksi palsu itu di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek).

BACA JUGA: Vaksin Palsu di Tangerang Selatan Beredar di Jabodetabek

“Untuk wilayah peredaran mungkin di seluruh Indonesia, tapi dari penyelidikan di lapangan kita temukan di Jabodetabek,” ungkap Brigjen Agung Setya saat dihubungi Banten Hits lewat telepon selulernya, Rabu (22/6/2016) malam.(Rus)

BACA :  Medikbud Pantau Persiapan UNBK DI Kota Serang

 



Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Terpopuler