TNI dan Distan Tanam Jagung Optimalkan Lahan Tak Produktif di Lebak

Date:

Banten Hits – Lahan seluas dua hektar di Desa Darmasari, Kecamatan Bayah, Kabupaten Lebak, ditanami jagung hibrida varietas Bisi II.

Penanaman jagung di atas lahan tersebut merupakan kerjasama antara Komando Distrik Militer (Kodim) 0603 dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lebak melalui Dinas Pertanian (Distan) untuk mengoptimalkan lahan tidak produktif.

Dari bibit jagung yang ditanam pada Jumat 24 Juni 2016, berhasil memanen jagung sisil sebanyak 3 ton.

Dandim 0603 Lebak, Letkol CZI Ubaidilah mengatakan, kegiatan tanam jagung merupakan program kerjasama antara TNI dan Pemkab Lebak untuk pemberdayaan petani dalam mendukung program swasembada pangan Nasional.

“Nilai positifnya memberikan contoh kepada petani agar memprodukifkan lahan yang belum produktif untuk mendorong program swasembada pangan Pemerintah,” kata  Ubaidilah, kepada awak media belum lama ini.

Sebagai pilot project, program penanaman padi dilahan tidak produktif tersebut diharapkan, memberikan motivasi kepada masyarakat khususnya petani yang ada di Kabupaten Lebak.

“Agar pertani terus berlomba memproduktifkan lahan yang tidak produktif menjadi produktif, terutama di bidang komoditas pangan,” jelasnya.

Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Distan Kecamatan Bayah, Budiarti Harpiana mengharapkan, tanam jagung tidak hanya dilakukan saat panen muda, akan tetapi kedepan petani bisa memanen jagung kering karena aspek ekonomi kebutuhan jagung kering memiliki peluang pasar yang lebih baik, jenis komoditas jagung hibrida kering yang di sisil menjadi biji jagung.

“Komoditas jagung saat ini memiliki peluang pasar yang baik, petani dapat memanen jagung tua dan mengolah menggunakan alat pengikil jagung Corn Shiller, dan biji jagung sisil. Tentu, nilai ekonomisnya akan lebih besar,” ungkapnya.

Sementara, Sekertaris Distan Lebak, Rahmat Yuniar optimis, kerjasama yang dibangun antara TNI dan Pemkab dapat mewujudkan program swasembada pangan Nasional pada tahun 2017 nanti.

“Saya ucapkan terima kasih atas motivasi yang diberikan oleh Kodim 0603 Lebak kepada para petani. Ini tentunta, memberikan dampak positif dan memberikan penghasilan tambahan dil uar hasil pertanian menanam padi para petani,” paparnya.(Nda)

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Digugat Warga dan ‘Diminta’ Pengembang, Bagaimana Nasib 24 Aset Milik Pemkab Tangerang Sekarang?

Berita Tangerang - Sedikitnya 24 aset Pemkab Tangerang saat...

Sepanjang 3-15 April 2024, Jumlah Penumpang di Terminal Poris Plawad Mencapai 1.000 Orang Per Hari

Berita Tangerang - Sepanjang 3-15 April 2024 atau selama...

Angka Kecelakaan saat Mudik Lebaran 2024 Menurun, Pelanggaran ETLE Meningkat

Berita Jakarta - Angka kecelakaan saat Mudik Lebaran 2024...