Connect with us

METROPOLITAN

PLN Area Banten Selatan Ingatkan Pelanggan Soal Fatwa MUI

Published

on

Banten Hits – PT PLN Area Banten Selatan mengimbau kepada masyarakat yang merupakan pelanggan PLN, untuk menghidari tindakan penyalahgunaan pemakaian tenaga listrik yang bisa merugikan negara.

Manajer PLN Area Banten Selatan, Edy Muktasim Billah, kepada Banten Hits, Selasa (28/6/2016) mengatakan, penyalahgunaan pemakaian tenaga litrik berupa pencurian listrik, selain merugikan negara juga rentan terjadinya korsleting dan kebakaran.

“Sanksi dan denda akan kami berikan kepada pelanggan yang nekat melakukan hal itu,” tegas Edy.

Apalagi kata dia, Majelis Ulama Indonesia (MUI) sudah mengeluarkan fatwa terkait dengan maraknya pencurian listrik tersebut. Ia berharap, fatwa Nomor 17 Tahun 2016 bisa membangun kesadaran masyarakat untuk tidak melakukan perbuatan tersebut.

BACA :  Keluarga Tersangka Minta Anaknya Dibebaskan

“Isi fatwa MUI jelas, mencuri energi listrik hukumnya haram, termasuk membantu dengan segala bentuknya dan atau membiarkan terjadi pencurian energi listrik,” terang Edy.

Untuk menghindari langkah yang diambil petugas, Edy mengharapkan para pelanggan membayar tagihan sesuai dengan waktu yang ditentukan.

“Bayar sebelum tanggal 20. Kami juga minta masyarakat yang

memiliki pepohonan dekat dengan kabel listrik segera menghubungi PLN agar bisa cepat dipangkas,” pintanya.

“PLN punya tanggung jawab besar untuk terus menerangi dan melancarkan setiap aktivitas masyarakat melalui ketersediaan energi listrik, terutama menjelang Idul Fitri seperti ini,” tambahnya.(Nda)



Terpopuler