Bea Cukai Soekarno-Hatta Ungkap Penyelundupan Sabu Tiongkok dalam Mie Instan

Date:

Banten Hits – Berbagai modus digunakan para sindikat Narkotika internasional demi memasok barang terlarang tersebut ke Indonesia, melalui Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) Tangerang.

Kali ini, petugas Bea dan Cukai Bandara Soetta berhasil mengungkap penyelundupan Sabu menggunakan paket pengiriman. Penyelundupan ini terbilang modus baru. Pelaku menyembunyikannya di dalam mie instan, alat tulis dan spare part kendaraan.

Kepala Bea dan Cukai Bandara Soetta, Erwin Situmorang mengungkapkan, ketiga tersangka yang menerima paket jasa kiriman berisi Sabu diantaranya RF, S dan A. Ketiganya dikendalikan oleh KA dan SA, narapidana yang mendekam di Lapas Tangerang.

“Pada 12 Mei 2016, kita ungkap dua kiriman impor dari Tiongkok berisi perlengkapan mandi, alat tulis serta spare part kendaraan,”kata Erwin, Kamis (30/6/2016)

Setelah dilakukan pemeriksaan mendalam, alat tulis tersebut hanya untuk mengelabui petugas. Pasalnya, setelah dibongkar, terdapat 807 gram Sabu. Sedangkan, 1 kilogram Sabu ditemukan di dalam spare part.

“Dari pengembangan yang dilakukan, ada kiriman mie instan yang berisi Sabu dari Tiongkok melalui Kantor Pos Pasar Baru, Jakarta,” ujar Erwin.

Paket tersebut dikendalikan oleh jaringan Tiongkok dengan perantara dua napi yang ada di Lapas Pemuda Tangerang. Petugas sudah terlebih dahulu meringkus pengendali utama asal Taiwan di Bandara Ngurah Rai Bali.

“Ketiga paket ini merupakan pengembangan dari penyelundupan 71 kilogram Sabu melalui pengiriman mesin Blower yang di simpan di sebuah ruko di Batuceper Tangerang,” katanya.(Nda)

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Dua Parpol Pemilik Suara Besar di Banten Gelar Pertemuan Tertutup, Isyarat Koalisi Mencuat

Berita Banten - Partai Golkar dan Partai Gerindra yang...

Arahan Presiden Jokowi dalam Rakernas Kesehatan Nasional di Kabupaten Tangerang

Berita Banten - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghadiri sekaligus...

Pemindah-tanganan Aset Karantina Hewan Pemkab Tangerang yang Kini Diduga Dikuasai Pengembang Masih Misterius

Berita Tangerang - Proses pemindah-tanganan aset milik Pemkab Tangerang...