6.788 Calhaj Banten Diberangkatkan 8 Agustus 2016

Date:

Banten Hits – Persyaratan pemberangkatan 6.788 calon jemaah haji (calhaj) asal Banten sudah seluruhnya rampung. Saat ini, Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kanwil Kemenag) Provinsi Banten tinggal menunggu persetujuan visa para calhaj dari Kedutaan Besar (Kedubes) Arab Saudi.

Kepala Bidang Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji dan Umrah (BPIH) pada Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kanwil Kemenag) Provinsi Banten Lukmanul Hakim mengatakan, karena persyaratan yang sudah terpenuhi, maka 6.788 calhaj asal Banten dipastikan berangkat 8 Agustus 2017 mendatang. 

Menurut Lukman, beberapa kegiatan yang telah rampung dilakukan oleh pihaknya di antaranya adalah pengkloteran, penyusunan pendamping kloter, dan pemberkasan administrasi 6.788 calhaj kecuali visa.

“Semuanya sudah hampir selesai, tinggal menunggu waktu pemberangkatan saja, termasuk biaya haji yang sudah dilunasi sejak beberapa waktu lalu oleh seluruh calhaj asal Banten,” kata Lukman kepada wartawan saat ditemui di kantornya KP3B, Curug, Kota Serang, Selasa (12/7/2016).

Untuk musim haji tahun ini, lanjut Lukman, pihaknya menyiapkan 84 calon haji cadangan untuk antisipasi, karena setiap musim haji para calhaj sedikit yang membatalkan keberangkatannya kecuali disebabkan oleh kejadian insidental seperti uzur dan meninggal dunia.

“84 calhaj cadangan tidak menentu, bisa berangkat bisa juga tidak, tergantung situasi calhaj nanti,” jelasnya.

Lukman mengklaim, proses urusan haji tahun ini termasuk baik sebab dari mulai pelunasan ongkos haji dan pembuatan passport semuanya dapat dilakukan dengan waktu yang singkat.

“Peraturan terbaru Kemenag RI tentang pelunasan ongkos haji dipersingkat yang awalnya 30 hari dipersingkat menjadi 15 hari, prosedurnya juga dipermudah tidak mesti bolak-balik Kemenag sehingga proses pelayanan di Kemenag Kabupaten/Kota berjalan dengan baik,” ucapnya.(Rus)

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Imbauan KASN untuk Tim Sukses Sekda Kabupaten Tangerang Moch Maesyal Rasyid

Berita Tangerang - Komisi Aparatur Sipil Negara atau KASN...

KASN Tegaskan Sekda Kabupaten Tangerang Dilarang Pendekatan ke Parpol Politik, Ini Aturannya!

Berita Tangerang - Sekretaris Daerah atau Sekda Kabupaten Tangerang,...