H+8 Lebaran Ribuan Pemudik Belum Kembali ke Pulau Jawa

Date:

Banten Hits – Memasuki delapan hari setelah hari Lebaran, masih terdapat ratusan ribu penumpang yang belum kembali dari Pulau Sumatera ke Pulau Jawa melewati Pelabuhan Merak. 

Dari data yang dilansir PT. ASDP, sekiranya secara rata-rata hampir 16,8 persen dari jumlah penumpang arus mudik, baik itu pemudik pejalan kaki, kendaraan roda dua, roda empat dan kendaraan bis masih belum sepenuhnya kembali. Mulai dari H-7 Lebaran hingga hari kedua Lebaran, penumpang pejalan kaki mencapai 148.499 pemudik.

Sementara itu, terhitung dari H+1 hingga H+7 Lebaran pemudik baru kembali sebanyak 139.698 pemudik atau sebanyak  8.801 pemudik masih belum kembali. Begitupun jumlah pemudik kendaraan roda dua dari H-7 hingga hari kedua Lebaran, tercatat sebanyak 78.734 unit, sementara yang pemudik yang baru kembali mulai dari H+1 hingga H+7 Lebaran tercatat sebanyak 61.759 unit atau masih sekiranya 16.759 pemudik motor yang belum kembali.

Manajer Usaha Pelabuhan PT. ASDP Ferry Cabang Merak Abdillah yang dikonfirmasi di kantor Pelabuhan Merak, Kota Cilegon mengatakan, sisa pemudik yang belum kembali dari Pulau Sumatera ke Pulau Jawa akan mengalir pada akhir pekan ini. Diperkirakan, kata Abdillah, Akhir pekan ini menjadi puncak arus balik kedua setelah sebelumnya puncak arus balik pemudik terjadi pada H+3 dan H+4 Lebaran.

“Kemungkinan yang pemudik yang tersisa dan belum kembali ke Pulau Jawa akan terjadi pada tiga hari, baik pada hari ini (jumat), sabtu dan hari minggu. Sisa jumlah pemudik akan mengalir di tiga hari itu,” katanya, Jumat (15/7/2016).

Terpecahnya arus balik Lebaran kali ini, kata Abdillah, diprediksi karena banyak pemudik yang masih menghabiskan libur anak sekolah pada pekan ini. Sementara pekan lalu, pemudik yang telah kembali sudah memilih untuk melanjutkan aktivitas kerja.

“Trennya saat ini mengalir saja, mudah-mudahan tidak ada lonjakan pada arus mudik pekan ini. Karena dari data pemudik sudah kembali 83 persen, sisanya hanya 16,8 persen,” tuturnya.

Untuk mengantisipasi pemudik, Abdilah mengoperasikan kapal secara optimal. Dari kapal yang tersedia, sekiranya 28 armada kapal dioperasikan untuk melayani pemudik pada pekan ini.

“Dari pemudik yang belum kembali, pemudik motor yang banyak belum kembali sebanyak 22 persen. Jumlah itu diperkirakan mengalir pekan ini. Sementara kendaraan roda empat yang kembali mencapai 68.585 unit dari 80.301 unit yang sebelumnya mudik. Sisanya 14,6 persen atau sekitar 11.716 unit akan mengalir bersamaan pada hari ini dan dua hari kedepan,” Tuturnya.

Salah seorang pemudik asal Kota Lampung, Rusman yang baru turun dari KMP Batumandi di Dermaga II, Pelabuhan Merak, mengaku memilih pulang pada pekan ini karena dirinya baru saja menghabiskan libur panjang hari raya dan Libur anak sekolah. 

“Kalau minggu lalu tanggung baliknya, mending minggu ini baliknya. Kan hari senin, anak saya sudah mulai sekolah. Makanya saya balik pekan ini,” tuturnya sambil mengangkut koper dipundaknya. (Rus)

 

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Respons Aduan Warga, KASN Lakukan Analisa dan Akan Minta Klarifikasi Sekda Kabupaten Tangerang

Berita Tangerang - Komisi Aparatur Sipil Negara atau KASN...

Sekda Kabupaten Tangerang Dilaporkan Warga Sukamulya ke KASN terkait Dugaan Pelanggaran Etik ASN

Berita Tangerang - Sekretaris Daerah atau Sekda Kabupaten Tangerang,...

Digugat Warga dan ‘Diminta’ Pengembang, Bagaimana Nasib 24 Aset Milik Pemkab Tangerang Sekarang?

Berita Tangerang - Sedikitnya 24 aset Pemkab Tangerang saat...

Sepanjang 3-15 April 2024, Jumlah Penumpang di Terminal Poris Plawad Mencapai 1.000 Orang Per Hari

Berita Tangerang - Sepanjang 3-15 April 2024 atau selama...