Connect with us

METROPOLITAN

300 Calon Jemaah Haji Asal Tangsel Jalani Tes Kesehatan

Published

on

Banten Hits – Sebanyak 300 calon jemaah haji asal Tangerang Selatan mengikuti pemeriksaan kesehatan di Rumah Sakit IMC Jombang, Ciputat, Selasa (19/7/2017).

 

Para calon jemaah yang akan berangkat ke tanah suci Mekah ini diberi vaksin meningitis sebagai bekal antibodi selama melaksanakan Rukun Islam ke 5 tersebut.

Kasi Surveilans dan Imunisasi Dinas Kesehatan Tangsel, dr Adhy Purnawan mengatakan, pemeriksaan kali ini merupakan tahap kedua. Sebelumnya, jemaah melakukan pemeriksaan tahap pertama di Puskesmas, di wilayah jemaah tinggal.

“Kemudian diteruskan ke pemeriksaan di rumah sakit berupa tes fisik, laboratorium, urine, vaksinasi/meningitis dan legalisasi Buku Kesehatan Jemaah Haji (BKJH),” kata Adhy.

Keseluruhan pemerikaaan di rumah sakit akan dilakukan bertahap selama tiga hari kedepan. Sehingga, jika dalam sehari ada 300 jemaah yang mengikuti tes kesehatan, maka selama tiga hari akan ada 900 jemaah yang menjalani tes tersebut. Untuk itu, pihaknya menyiapkan 10 dokter umum untuk melakukan pemeriksaan tersebut.

BACA :  Tukang Bengkel Motor di Lebak Nyambi Jadi Pengedar Narkoba; Barang Buktinya Bikin Geleng-geleng Kepala

“Kami utamakan jemaah yang berusia di atas 50 tahun dulu. Sebab mereka rentan terhadap berbagai penyakit, seperti hipertensi, diabetes sampai jantung,” ujarnya.

Sementara itu, untuk pemberangkatan kloter pertama Kota Tangsel masuk pada kloter 5, atau berangkat pada 10 Agustus 2016 mendatang. Dinkes lanjut Adhy, telah menyiapkan empat petugas kesehatan untuk mendampingi para jemaah selama di tanah suci.

Salah seorang calon jemaah haji asal Ciputat, Bambang Widiantoro mengaku, saat ini kondisi fisiknya sangat sehat. Sebab, sudah dari jauh hari dia menjaga fisiknya dengan berolahraga dan meminum vitamin.

“Alhamdulillah sampai saat ini saya fokus jaga kesehatan jasmani dan rohani agar nanti saat beribadah lancar segala sesuatunya, karena ini yang sudah saya nanti-nanti,” katanya.(Nda)

BACA :  SMKN 4 Tangerang Pinjam Laptop Siswa Atasi Kekurangan Komputer Saat UNBK



Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Terpopuler