Connect with us

METROPOLITAN

Diakui Luar Negeri, Ini Akreditasi dan Kompetensi Laboratorium PDAM TKR Tangerang

Published

on

 

Kabupaten Tangerang – ERA Water Company United States of America (USA) memberikan penghargaan “Laboratory of Exellence for Achieving 100% Data in ERA Proficiency Testing” kepada PDAM Tirta Kerta Raharja (TKR) Kabupaten Tangerang.

Penghargaan ini berkat keunggulan PDAM TKR Kabupaten Tangerang melakukan uji profisiensi dengan kemampuan akurasi 100 persen memeriksa kandungan sampel air.

BACA JUGA: Perusahaan Dunia Akui Keunggulan Laboratorium PDAM TKR Kab. Tangerang

Sebelum meraih penghargaan terbaru dari ERA Water Company USA, berikut ini adalah perjalanan panjang yang telah ditempuh laboratorium PDAM TKR Kabupaten Tangerang:

Bermula pada Agustus 2011. Laboratorium PDAM TKR Kabupaten Tangerang melakukan persiapan akreditasi, meski saat itu dari sisi ruang dan sarana pengujian serta sumber daya manusia (SDM) belum memadai. 

BACA :  Ujian Susulan Siswa Dipusatkan di SMK YPP Pandeglang

Implementasi sistem ISO 17025 pun ditetapkan pada 2012 dengan mendaftarkan ke Komite Akreditasi Nasional (KAN) untuk diakuiditasi. April 2013, dilakukan assessment awal. Dari assessment tersebut ditemukan beberapa hal yang harus dilakukan pihak laboratotium sebagai tindak perbaikan. 

Hasil tindakan perbaikan ini dilaporkan ke KAN. Setelah melalui rapat teknis KAN di akhir Juli 2013, KAN memberikan keputusan akreditasi untuk Laboratorium PDAM TKR Kabupaten Tangerang Agustus 2013. Semenjak itu, Laboratorium PDAM TKR Resmi menyandang sertifikat Akkreditasi KAN dan akan berakhir 2017. 

Selama waktu tersebut, Laboratorium PDAM TKR Kabupaten Tangerang harus mempertahankan akreditasinya. Baik itu melalui kunjungan assesor maupun kegiatan-kegiatan lainnya yang bersifat evaluasi atas kinerja atau hasil uji laboratorium seperti, uji profesiensi, uji banding, pengendalian mutu dan lain sebagainya.

BACA :  SMK Negeri 2 Rangkasbitung Bangun Masjid Dua Lantai Senilai Rp1,3 Miliar

Satu tahun sebelum masa akreditasi berakhir, Laboratorium PDAM TKR Kabupaten Tangerang harus mengajukan ke-akreditasi-an ke pihak KAN untuk memperpanjang atau mempertahankan akreditasi laboratorium.

Uji kompetensi merupakan suatu kegiatan yang harus diikuti laboratorium sebagai salah satu syarat akreditasi, di mana hasil pengujian laboratorium dibandingkan terhadap hasil pengujian laboratorium terhadap sampel uji yang memiliki nilai acuan dengan menggunakan metode yang biasa digunakan di laboratorium.

Laboratorium PDAM TKR Kabupaten Tangerang telah mengikuti tiga kali uji kompetensi, pertama uji kompetensi 2011 diselenggarakan LIPS dengan peserta 98 laboratorium dengan parameter yang diikuti FE, MN, F, dan lain sebaginya.  Hasil yang diperoleh cukup memuaskan. Kedua, uji kompetensi 2012 yang diselenggarakan PUSARPEDAL bekerjasama dengan jaringan Laboratorium Lingkungan Jawa Barat dan BPLHD Jawa Barat dengan peserta 65 laboratorium. Parameter yang diikuti Fe, Cd, Zn, Cl, dan COD. Hasil yang diperoleh cukup memuaskan.

BACA :  DPP Gerindra Turunkan Tim Telusuri Perempuan Berinisial LL yang Ngamar dengan Ketua DPRD Lebak sebelum Tewas

Kemudin ketiga, uji kompetensi tahun 2016 yang diselenggarakan oleh ERA Water Company USA dengan peserta dari dalam dan luar negeri sebanyak 200 laboratorium memperoleh hasil satisfactory.(Humas PDAM Kabupaten Tangerang)

 



Terpopuler