PDAM TKR Kabupaten Tangerang Terus Menciptakan Inovasi dan Kreativitas

Date:

 

Kabupaten Tangerang – PDAM Tirta Kerta Raharja (TKR) Kabupaten Tangerang terus mendorong pola pikir para pejabat dalam menciptakan inovasi dan kreativitas dalam memberikan pelayanan air minum yang paripurna kepada masyarakat.

Inovasi dan kreativitas, merupakan upaya menjawab kebutuhan zaman yang terus berkembang. Terlebih untuk PDAM TKR Kabupaten Tangerang sebagai perusahaan yang mengutamakan pelayanan prima kepada masyarakat.

“Pengembangan teknologi juga memengaruhi pola kerja perusahaan menuju pengelolaan yang lebih maju dan modern,” kata Direktur Utama PDAM TKR Kabupaten Tangerang Rusdy Machmud.

Menurut Rusdy Machmud, salah satu upaya untuk meningkatkan inovasi dan kreativitas di jajaran manajemen PDAM TKR Kabupaten Tangerang dengan melakukan workshop manajemen perusahaan air minum yang dilakukan beberapa waktu lalu di Aula PDAM TKR Kabupaten Tangerang. 

Workshop itu menghadirkan dua narasumber penting, yaitu Guru Besar IPDN Jakarta Prof. Dr. Ngadisah dan Direktur Pasca Sarjana IPDN Jakarta Dr. Sampara Lukman. Acara dibuka secara resmi oleh Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar.  

Menurut Zaki, PDAM Tirta Kerta Raharja Kabupaten Tangerang memiliki peranan penting dalam mendukung kebijakan pemerintah daerah untuk menyejahterakan kehidupan masyarakat melalui penyediaan air minum. 

“Pertumbuhan penduduk serta infrastruktur di Kabupaten Tangerang  dan sekitarnya meliputi Kota Tangerang dan Kota Tangerang Selatan tentu saja berimbas kepada bertambahnya akan kebutuhan air minum. Momen ini harus dijadikan spirit peningkatan pelayanan, dan PDAM diminta untuk fokus mengikuti perkembangan tersebut,” jelas Zaki.

Sementara, dua narasumber baik Prof. Dr. Ngadisah maupun Dr. Samparan Lukman menerangkan, saat ini pola manajemen bagi Badan Usaha Milik Daerah khususnya PDAM harus terpolakan sebagai perusahaan yang pengelolaannya berbasis teknologi dan pola manajemen yang penuh inovasi dan kreativitas yang harus dibangun di seluruh tatanan PDAM dari level staf sampai pejabat. PDAM dituntut pula sebagai agen dan dinamisator pembangunan. 

Permasalahan yang kian hari semakin berat dirasakan oleh PDAM seperti keterbatasan sumber air baku, tuntutan pelayanan dari pelanggan yang semakin meningkat, ketersediaan sumber daya manusia dan lain-lain serta ditambah adanya tanggungjawab pemenuhan cakupan pelayanan dari Pemerintah Kabupaten Tangerang dijadikan alasan utama bahwa manajemen saat ini harus mulai memikirkan strategi-strategi yang harus dipersiapkan dalam mencari jalan keluar dari permasalahan tersebut. 

Strategi yang dapat diterapkan antara lain mendorong stakeholder untuk lebih respek dalam mendukung kinerja PDAM, pemanfaatan kemajuan teknologi, kemudahan dan keterbukaan dalam menciptakan inovasi dan kreativitas dari pegawai, pemberdayaan masyarakat, peningkatan pelayanan publik dan yang tidak kalah penting adalah merubah budaya kerja menuju arah yang lebih baik. 

Budaya kerja yang dapat diterapkan adalah dengan mengembangkan pelayanan prima sehingga seluruh kalangan pegawai dapat secara profesional melakukan tugas dan pekerjaannya, sehingga diharapkan dengan semakin profesionalnya para pegawai dapat mengakibatkan peningkatan pelayanan kepada pelanggan dan masyarakat.(Humas PDAM TKR Kabupaten Tangerang)

 

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Dua Parpol Pemilik Suara Besar di Banten Gelar Pertemuan Tertutup, Isyarat Koalisi Mencuat

Berita Banten - Partai Golkar dan Partai Gerindra yang...

Arahan Presiden Jokowi dalam Rakernas Kesehatan Nasional di Kabupaten Tangerang

Berita Banten - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghadiri sekaligus...