Punya Program Lebak Pintar, Kabupaten Lebak Kekurangan 3.000 Guru

Date:

 

Banten Hits – Kabupaten Lebak merupakan salah satu daerah yang memiliki tiga program andalan, yakni Lebak Pintar, Lebak Sehat dan Lebak Sejahtera. Namun ironisnya, hingga saat ini Kabupaten Lebak masih kekurangan tenaga pengajar atau guru sebanyak 3.000 orang. 

Informasi yang diperoleh Banten Hits, jumlah kebutuhan guru tersebut berangsur berkurang setelah sebelumnya pada tahun 2015 jumlah Kekurangan guru di daerah yang dipimpin Iti Octavia Jayabaya ini sebanyak 4.000 jiwa.

Wakil Bupati Lebak, Ade Sumardi mengatakan bukan hanya angka buta aksara yang masih tinggi, saat ini Kabupaten Lebak juga masih kekurangan sekitar 3 ribu guru.

“Untuk mengatasi persoalan ini, saya kira masyarakat juga harus ikut andil agar jumlah Kekurangan guru di Lebak bisa kembali ditekan,” kata Ade usai kegiatan Bakti Karya Mandiri (BKM) Sekolah Tinggi Keguruan Ilmu Pendidikan (STKIP) Setia Budhi Rangkasbitung, Kamis (4/8/2016).

Ade mengaku dengan kekurangan guru tersebut tentunya akan berpengaruh terhadap dunia pendidikan di Kabupaten Lebak, terlebih Kabupaten Lebak tengah menjalankan program Lebak Pintar yang harus benar-benar terealisasi pada tahun 2019.

“Kepada masyarakat Lebak ayo Ikuti program belajar 12 tahun, lanjutkan ke jenjang selanjutnya, jangan takut menjadi guru, sebab guru pahlawan tanpa tanda jasa dan akan banyak bermanfaat untuk generasi muda lain nantinya,” imbuhnya.

Dijelaskan Ade, diperkirakan dibutuhkan sekitar 4.000 guru lagi untuk mengajar baik di SD/SMP maupun SMA/SMK. Pemerintah daerah juga menerbitkan peraturan daerah nomor 02/2010 tentang wajib pendidikan selama 12 tahun.

“Kami berharap tidak ada lagi siswa yang tidak sekolah karena pemerintah telah melakukan intervensi melalui subsidi untuk pendidikan,” harapnya.(Rus)

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Respons Aduan Warga, KASN Lakukan Analisa dan Akan Minta Klarifikasi Sekda Kabupaten Tangerang

Berita Tangerang - Komisi Aparatur Sipil Negara atau KASN...

Sekda Kabupaten Tangerang Dilaporkan Warga Sukamulya ke KASN terkait Dugaan Pelanggaran Etik ASN

Berita Tangerang - Sekretaris Daerah atau Sekda Kabupaten Tangerang,...

Digugat Warga dan ‘Diminta’ Pengembang, Bagaimana Nasib 24 Aset Milik Pemkab Tangerang Sekarang?

Berita Tangerang - Sedikitnya 24 aset Pemkab Tangerang saat...

Sepanjang 3-15 April 2024, Jumlah Penumpang di Terminal Poris Plawad Mencapai 1.000 Orang Per Hari

Berita Tangerang - Sepanjang 3-15 April 2024 atau selama...