Connect with us

METROPOLITAN

Tanpa Surat Pengantar, Pembuatan e-KTP di Tangerang Terkendala Blanko

Published

on

Banten Hits – Sesuai Surat Edaran Menteri Dalam Negeri (Mendagri), pelayanan pembuatan e-KTP hanya cukup menunjukan fotokopi Kartu Keluarga (KK) tanpa surat pengantar RT dan RW.

Meski edaran tersebut bertujuan mempercepat pelayanan perekaman e-KTP, namun warga yang melakukan perekaman tak bisa langsung mendapatkan fisik e-KTP lantaran terkendala ketersediaan blanko yang kosong di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil), salah satunya terjadi di Kota Tangerang.

“Blankonya kosong, itu kan dari Kemendagri, jadi harus nunggu dulu dikirim ke Disdukcapil. Jadi, sementara warga diberi surat pengantar dari kecamatan sebagai ganti e-KTP,”¬† kata Sekretaris Kecamatan Cipondoh, Syamsudin, kemarin.

Kekosongan blanko, kata dia, sudah terjadi berbulan-bulan. Bahkan, banyak warga yang komplain karena belum menerima e-KTP, meski sudah melakukan perekaman sejak lama.

BACA :  Bazar Sembako Murah Bhayangkari Polres Serang Kota 'Diserbu' Warga

“Ya kita tidak bisa berbuat apa-apa. Untuk bisa cetak e-KTP kan perlu blanko, sedangkan pengadaan blanko itu aturannya oleh Kemendagri. Kita cuma bisa menunggu,” tukasnya.(Nda)



Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler