Connect with us

Pemkab Pandeglang

PDGI Pandeglang Gelar Sikat Gigi Massal Siswa SD

Published

on

Kabupaten Pandeglang – Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) Pandeglang, Sabtu (3/9/2016), menggelar gerakan sikat gigi massal yang diikuti ratusan siswa SD dan TK/Paud, di Alun-alun Pandeglang.

 

Selain mengajarkan kepada anak-anak bagaimana tata cara menggosok gigi yang benar. PDGI juga memberikan bantuan berupa alat sikat gigi kepada siswa, dan 10 tong sampah untuk sejumlah sekolah di Pandeglang.

Staf Ahli bidang pemerintahan Kabupaten Pandeglang, Salman Sunardi yang mewakili Bupati Irna Narulita mengatakan, pendidikan kesehatan gigi dan mulut merupakan hal yang sangat perlu diperhatikan. Pasalnya, mulut dan gigi merupakan bagian dari organ tubuh manusia yang digunakan untuk kebutuhan sehari-hari seperti berbicara dan makan/minum,

“Kami atas nama Pemkab Pandeglang berterima kasih kepada yayasan merah putih bersama alumni SPGN Pandeglang angkatan 1990 yang telah menggelar acara yang bermanfaat seperti ini, karena kesehatan gigi dan mulut sangat menentukan kecedasan anak. Respon terhadap menerima pelajaran di sekolah bisa terganggu jika seorang anak mengalami sakit gigi,” terang Salman.

Melalui kegiatan ini, Pemkab Pandeglang berharap tidak hanya menjadi seremonial saja, tetapi memiliki tindak lanjut di masing-masing sekolah, terutama guru yang diharapkan dapat terus mengingatkan siswa untuk rajin menyikat gigi.

“Semoga yang diajarkan hari ini menjadi ilmu yang bermanfaat bagi anak-anak, orang tua, maupun pembimbing. Dan semoga kedepanya masyarakat Pandeglang bisa terbebas dari penyakit gigi berlubang dan penyakit mulut lainya,” harapnya.

Perwakilan PDGI Pandeglang dr. dedeh menjelaskan, gerakan menyikat gigi tersebut dalam rangka menyambut hari UKS Nasional dan bertepatan pula dengan bulan Kesehatan Gigi Nasional.

“Acara ini merupakan kegiatan yang rutin diselanggarakan dengan bekerjasama dengan perusahan yang terkait dengan kesehatan gigi, selain itu juga kami bekerjsama dengan yayasan merah putih, dan Persatuan Perawat Gigi Indonesia (PGGI) pandeglang,” jelasnya.

Menurutnya, Pandeglang memang masih sangatkekurangan tenaga kesehatan gigi. Untuk itu, bersama Dinas Kesehatan, PDGI terus berupaya agar pemerataan penyebaran tenaga ahli ke seluruh puskesmas di tiap kecamatan.

“Biar keluhan masyarakat yang mengalami sakit gigi bisa diatasi oleh tenaga khusus,” imbuhnya.(Kominfo Setda Kabupaten Pandeglang)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

2 × three =

Trending