Connect with us

EKONOMI & BISNIS

Pedagang Minta Waralaba di Pandeglang Dibatasi

Published

on

Banten Hits – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pandeglang kini tengah menggodok perubahan Peraturan Daerah (Perda) No 12 tahun 2010 tentang Penyelenggaraan Waralaba, Pusat Perbelanjaan Daerah dan Toko Modern. Perubahan dibahas oleh Panitia Khusus (Pansus) I DPRD setempat.

Terkait dengan hal itu para pedagang meminta, Perda harus memperhatikan para pedagang kecil, jangan sampai keberadaan waralaba justru mematikan para pelaku usaha kecil di Pandeglang. Ada sejumlah usulan yang disampaikan para pedagang kepada DPRD, salah satunya soal pembatasan waralaba di setiap kecamatan.

“Kita minta setiap kecamatan hanya boleh ada 6 toko modern dengan status waralaba. Tiga Alfamart dan 3 Indomaret. Itu pun dengan catatan, pertumbuhan ekonomi wilayah tersebut sudah bagus,” katar Ketua Forum Komunikasi Pedagang Kecil Pandeglang Danu Jayabaya, kepada Banten Hits, Kamis (21/9/2016).

BACA :  Pengurus Aspeknas 2021-2026 Resmi Dilantik, Siap Bangun Jasa Kontruksi Sehat di Kota Tangerang

“Sudah kita sampaikan usulannya kemarin,” sambungnya.

Menurutnya, pembatasan keberadaan waralaba sangat penting lantaran hal tersebut akan bersinggungan langsung dengan para pedagang kecil.

Usulan lain yang diajukan adalah terkait dengan jarak waralaba. Tak hanya memperhatikan jarak dengan pasar tradisional, pendirian waralab juga harus memperhatikan jarak dengan pedagang kecil di setiap wilayah.

“Bukan hanya jarak dari pasar tradisional tapu juga jarak dengan para pedagang kecil, karena mereka (pedagang-red) inilah yang paling merasakan dampak jika usaha mereka berdekatan dengan waralaba,” terang Danu.

Selain itu, para pedagang juga meminta agar jam operasional waralaba bisa lebih diperketat.

“Dan hapus juga poin di Perda yang menyebut pendirian waralaba harus mendapat rekomendasi dari DPRD,” tutupnya.(Nda)

BACA :  Harga Sayur Mayur di Tangerang Merangkak Naik



Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Terpopuler