Connect with us

METROPOLITAN

Prakarsa Pemkot Tangerang soal Kerjasama Pengembangan Kota Cerdas Diapresiasi

Published

on

Banten Hits – Gubernur Banten Rano Karno mengapresiasi upaya kerjasama pengembangan smart city atau kota cerdas yang diprakarsai oleh Kota Tangerang dengan menggandeng beberapa kabupaten dan kota di dalam dan di luar wilayah Banten. Menurutnya, upaya tersebut sangat membantu dalam mengembangkan smart city ditataran Provinsi Banten.  

“Saya sangat mengapresiasi, upaya ini tentu sangat bermanfaat dan memberikan kemudahan dalam bekerja serta memberikan pelayanan kepada masyarakat,” kata Rano saat memberikan sambutan dalam acara Tangerang Smart City Partnership yang berlangsung di Ruang Al Amanah Pusat Pemerintahan Kota Tangerang, Selasa (20/9/2016).

Rano menuturkan, dalam mengembangkan smart city selama ini Provinsi Banten masih terkendala dengan adanya blank spot atau tidak ada sinyal di beberapa titik di wilayah Provinsi Banten. Padahal untuk mengembangkan konsep tersebut tentu membutuhkan integrasi antar kota serta kabupaten di seluruh Banten.

BACA :  Formaldem Desak BPKP Perwakilan Banten Audit Anggaran Pilkada Lebak 2018

Blank spot tersebut, Rano menyebutkan, misalnya di Pandeglang dan Lebak. Kedua wilayah tersebut belum sepenuhnya terjangkau oleh akses internet. Oleh karena itu, dengan adanya kerjasama pengembangan smart city tersebut diharapkan dapat memudahkan Pemprov Banten untuk mengembangkan smart city di wilayah Banten.

Di pengujung sambutannya, pemeran utama Si Doel Anak Sekolahan juga meminta kepada seluruh kabupaten dan kota di Banten untuk dapat meningkatkan pelayanan publik dengan aplikasi elektronik smart city yang nantinya akan mengadopsi dari aplikasi-aplikasi smart city yang telah ada di Kota Tangerang. 

“Pengembangan smart city diharapkan semakin mempercepat proses pelayanan pada masyarakat dan memberikan kemudahan di dalam mendukung setiap pelaksanaan dan penyelenggaraan pemerintahan,” pesannya.

BACA :  Gempa Berpotensi Tsunami Landa Banten, Warga Lebak Selatan Panik Ngungsi di Gunung Curi

Sementara itu, Wali Kota Tangerang Arief Rachadiono Wismansyah dalam paparannya menyampaikan, kerjasama dengan daerah lain ini dalam rangka mengembangkan smart city sebagai perangkat atau media yang dapat dimanfaatkan dalam penyelenggaraan pemerintah daerah khususnya dalam pelayanan publik. Tentunya juga agar masyarakat dapat dimudahkan dan secara internal proses birokrasi menjadi mudah.

“Ini adalah titik awal untuk kita melakukan kerjasama. Semua aplikasi yang dikembangkan, kita dasari atas niat untuk memberikan manfaat dan kemudahan dalam memberikan pelayanan kepada pegawai maupun masyarakat,” paparnya.(ADVERTORIAL)



Terpopuler