Connect with us

WISATA

Tarik Wisman, Irna Harapkan JRSCA Segera Terwujud

Published

on

Banten Hits – Bupati Pandeglang Irna Narulita berharap Javan Rhino Study and Conservation Area (JRSCA) segera terwujud. Untuk itu, harus segera dilakukan peningkatan terhadap infrastruktur jalan sebagai penunjang JRSCA.

“Saya harap jalan ini dibangun dengan betonisasi agar ketahanannya lebih lama,” pinta Irna di sela-sela peringatan Hari Badak Sedunia (World Rhino Day), di Kantor Taman Nasional Ujung Kulon (TNUK) wilayah II, Desa Tamanjaya, Kecamatan Sumur, Pandeglang, kemarin.

Menurutnya, mewujudkan JRSCA tidak mesti dalam jumlah besar. Yang terpenting, dapat meningkatkan wisatawan mancanegara (wisman) ke Pandeglang.

“Minimal 5 atau 8 ekor badak yang ditangkarkan, dengan begitu dapat menarik wisman untuk meningkatkan PAD Pandeglang,” terangnya.

BACA :  Tempat Wisata di Bandung yang Cocok untuk Keluarga

Kepala Balai TNUK Pandeglang U. Mamat Rahmat sangat antusias mewujudkan JRSCA. Salah satu upaya yang dilakukan, selain proses penangkaran,  yakni memperjuangkan ke Kementerian PU untuk perbaikan ruas Jalan Sumur-Ujung Jaya.

“Insya Allah 2018-2019 Jalan Sumur-Ujung Jaya sepanjang 30 km dibangun,” ujarnya.

TNUK kata dia, merupakan salah satu dari lima taman Nasional di Indonesia yang diresmikan sejak tahun 1992 menjadi warisan dunia.

“Mari kita lestarikan warisan dunia, salah satunya populasi Badak Jawa yang populasinya hampir punah,” ajaknya.(Nda)



Terpopuler