Connect with us

Pemkab Pandeglang

Tangani Banjir, Pemkab Pandeglang Jalin Kerjasama dengan Perusahaan Belanda

Published

on

Kabupaten Pandeglang – Sejumlah wilayah di Kabupaten Pandeglang, terutama wilayah selatan merupakan wilayah yang rawan banjir. Hal ini mendorong Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pandeglang untuk menjalin kerjasama dengan World Waternet, perusahaan yang bergerak di bidang pengelolaan air. Perusahaan ini berpusat di Amsterdam Belanda.

Dua aliran sungai yang saat ini masuk dalam rencana kerjasama dengan World Waternet yakni Cipunten Agung, dan aliran Sungai Ciliman. Dua aliran sungai tersebut dinilai kerap memicu terjadinya banjir.

Bupati Pandeglang Irna Narulita saat bertemu Direktur Regional Waternet Faul Bonne, di pendopo Pandeglang menyampaikan, ada banyak permasalahan yang terjadi di Kabupaten Pandeglang, salah satunya banjir yang terjadi di wilayah Pandeglang selatan, diantaranya Pagelaran, Sobang dan Panimbang.

“Mudah–mudahan dengan adanya kerjasama ini kami bisa lebih fokus lagi dalam menangani banjir, khususnya di wilayah selatan,” kata Irna, Selasa (27/9).

Bupati juga berharap, kerjasama ini bisa menjadi solusi ketersedian air baku untuk menunjang Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata Tanjung Lesung, pengendalian lingkungan hidup, dan ketersediaan air baku di wilayah Pandeglang.

“Fokus utama kita untuk penanggulangan banjir dan ketersediaan air baku, baik untuk KEK dan penunjang KEK Pariwisata. Karena, saat terjadi musim kemarau sering terjadi kekeringan di wilayah tersebut,” jelas Irna.

Kepala Sub Bidang (Kasubid) Kimpraswil Pemukiman dan Prasarana Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) R. Koesnandar mengatakan, kerjasama ini memang sudah terjalin dari tahun 2013–2018. Pasalnya, dua aliran Sungai Cipunten Agung dan Ciliman merupakan kewenangan Pemerintah Provinsi.

“Pemkab Pandeglang hanya masuk ke dalam perencanaannya saja, untuk pelaksaannya nanti oleh provinsi,” kata Koesnandar.

“Untuk itu hasil diskusi ini akan kita bawa ke provinsi untuk perencanaan dan menandatangani kerjasama antara pihak Provinsi Banten dengan World Waternet,” sambungnya.

Sementara itu, Faul Bonne menyambut baik kerjasama dengan Pemkab Pandeglang. Menurutnya, kerjasama ini akan banyak bermanfaat bagi masyarakat, terutama soal keahlian yang dimilikinya bisa diterapkan.

“Kami sangat senang sekali di sini. Maka dari itu kami sengaja mengundang para kepala daerah,” katanya.

Hadir dalam kesempatan tersebut Asisten Ekbang Iskandar, Kepala Dinas Cipta Karya Anwari Husnira, Kepala Dinas Bina Marga dan Sumberdaya Air Sarif, dan Kepala Administrator KEK Tanjung Lesung Joice.(Kominfo Setda Kabupaten Pandeglang)

Trending