Connect with us

EKONOMI & BISNIS

Ratusan Buruh Cilegon Bergerak Menuju KP3B

Published

on

Banten Hits – Menolak Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 78 tahun 2015 tentang Pengupahan, ratusan massa buruh yang tergabung dalam Forum Serikat Pekerja Kota Cilegon akan menggelar demo di Kawasan Pusat Pemerintahan Provinsi Banten (KP3B).

Wartawan Banten Hits Iyus Lesmana melaporkan, iring-iringan sepeda motor buruh yang berasal dari Serikat Pekerja Kimia, Energi dan Pertambangan (SPKEP), Serikat Buruh Sejahtera Indonesia (SBSI), dan Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI) mulai bergerak menuju Kota Serang dengan pengawalan ketat polisi.

Suratman, salah seorang buruh menjelaskan, pemberlakuan PP membuat dewan pengupahan di daerah yang terdiri dari pemerintah, pengusaha, dan buruh menjadi tidak efektif.

“Kita akan unjuk rasa menolak PP itu,” tegas Suratman.

BACA :  Rupiah Merosot, Buruh di Tangerang Ajukan UMK 2016 Rp 3,1 Juta

Buruh menuding, PP tersebut merupakan upaya pemerintah untuk merampas upah buruh. pasalnya, dari survei pasar, upah yang seharusnya diterima buruh adalah Rp3.100.000 rupiah. Namun, dengan PP tersebut buruh menerima upah Rp3.078.000 rupiah.

“Kami juga minta kenaikan UMK 2017 sebesar 650.000 rupiah,” katanya.

Setibanya di KP3B, ratusan buruh ini akan bergabung bersama massa buruh lainnya dari sejumlah daerah di Provinsi Banten.(Nda)




Photos

  • Videos


  • Video Redaksi
    Video Redaksi
    Video Redaksi
    Video Redaksi
    1 of 3
    Video Redaksi
    2 of 3
    Video Redaksi
    3 of 3
  • Terpopuler