Connect with us

METROPOLITAN

Wahidin Halim Laporkan Empat Koran Lokal di Banten ke Dewan Pers

Published

on

EMPAT KORAN LOKAL DI BANTEN DILAPORKAN TIM KUASA HUKUM WAHIDIN HALIM

Tim kuasa hukum Wahidin Halim saat melaporkan empat koran lokal di Banten ke Dewan Pers.(Istimewa)

Banten Hits – Empat koran lokal di Banten masing-masing Satelit News, Tangerang Ekspress, Tangsel Pos, dan Radar Banten dilaporkan bakal calon gubernur Banten Wahidin Halim ke Dewan Pers karena dituding telah menunjukkan keberpihakan kepada salah satu kandidat dalam Pilgub Banten 2017, Senin (10/10/2016).

Menurut Perwakilan Kuasa Hukum Wahidin Halim (WH), Yusman Nur, laporan ke Dewan Pers diterima langsung oleh bagian penerimaan pengaduan Dewan Pers yang diwakili Furqon.

“Ada beberapa pelanggaran yang diadukan ke Dewan Pers, yakni media tersebut menunjukan berpihakan kepada salah satu kandidat atau menjadi media partisan. Kemudian ada sikap yang tidak adil, diskriminatif dan tidak independen dalam pemberitaan,” kata Yusman, Senin (10/10/2016).

BACA :  Geledah Bintang Swalayan Ramanuju, Polres Cilegon Sita Ribuan Botol Miras

Yusman menyebut, empat media yang diadukan ke Dewan Pers tidak tegas membedakan antara iklan politik dan berita ataupun iklan yang ditulis dengan menggunakan model dan struktur berita.

“Setelah diterima Dewan Pers, laporan kami langsung dikaji oleh bagian pengaduan dan diberikan tanda terima,” tuturnya.

Atas laporan tersebut, Yusman berharap Dewan Pers dapat memeriksa badan hukum perusahaan tersebut. Kemudian menyatakan karya jurnalistik telah melanggar norma hukum pers, kode etik jurnalistik serta kepantasan dalam doktrin pers.

“Semoga Dewan Pers dapat memberikan sanksi sesuai dengan ketentuan yang berlaku karena telah telah merugikan publik atas hak informasi yang benar, utuh dan objektif,” jelasnya.

Yusman menambahkan, pengaduan yang dilaporkannya mendapatkan respon yang positif. Dewan Pers berjanji akan segera menindaklanjuti dengan memanggil para terlapor untuk dikonfrontasikan.

BACA :  Wabup Tanto Usul Satu Dokter Spesialis Pegang Tiga Puskesmas

Belum ada keterangan resmi dari empat media yang dilaporkan kubu WH ke Dewan Pers. Banten Hits masih mengupayakan konfirmasi dari empat pimpinan media tersebut.(Rus)



Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler