Connect with us

METROPOLITAN

Pemdes Citeras Gelar Bimtek, Wabup: RT dan RW Ujung Tombak Pemerintahan

Published

on

Banten Hits – Pemerintah Desa Citeras menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) penyelenggaraan program-program pemerintahan desa untuk Rukun Tetangga (RT) dan Rukun Warga (RW) desa setempat.

Wakil Bupati Lebak Ade Sumardi mengatakan, Bimtek Ketua RT dan RW se-Desa Citeras, Kecamatan Rangkasbitung tahun 2016 ini dapat menjadi tolak ukur desa-desa lain yang ada di Kabupaten Lebak.

“Lembaga RT dan RW adalah ujung tombak pemerintahan, di mana RT dan RW bersentuhan langsung dengan masyarakat atau lingkungannya,” kata Ade.

Menurutnya, kegiatan ini perlu dicontoh oleh desa-desa lainnya yang ada di Kabupaten Lebak, mengingat meski tanpa anggaran kegiatan itu positif dan memiliki pengaruh untuk masyarakat.

BACA :  Pembangunan Jalan Tol dan Bandara di Pandeglang Tahun 2016-2018

“Apabila gotong royong telah dilakukan oleh masyarakat, tidak ada yang berat dalam melakukan suatu pekerjaan. Ada pepatahnya, berat sama dipikul ringan sama dijinjing,” terangnya.

“Saya merasa bangga, dengan adanya bimtek RT dan RW. Tanpa ada anggaran dari pemerintah daerah maupun anggaran dari APBN, tapi bimtek ini bisa berjalan dengan lancar. Semoga bimtek ini menjadi titik awal untuk para ketua RT dan RW se-Desa Citeras sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat,” tambahnya.

Kepala Desa Citeras Madrai mengatakan, bimtek yang diselenggarakan di Puri Retno Anyer ini diikuti sekitar 34 orang, terdiri dari 27 ketua RT dan 7 ketua RW. Tujuannya, menyampaikan bimbingan teknis ketua RT dan RW sebagai pertanggungjawaban penyelenggaraan program-program pemerintahan desa.

BACA :  Truk Pengangkut Pasir Seruduk 2 Kendaraan di Jalan Maulana Yusuf, Satu Pengendara Dilarikan ke IGD

“Intinya ini merupakan bentuk pertanggungjawaban kepala desa kepada masyarakat,” kata Madrai, Rabu (12/10/2016).

Terlebih, kata Madrai, saat ini masyarakat perlu sosialisasi dan bimbingan bagaimana cara membangun desa secara bersama-sama.

“Yang jelas kades berdiri untuk rakyat dan yang penting lingkungan kita bisa berkembang dan masyarakat bangga menjadi orang Lebak khususnya Desa Citeras,” akunya.(Rus)

 



Terpopuler