XL Hadirkan Layanan Mobile Broadband Khusus UKM

Date:

 

Banten Hits – Kesadaran atas manfaat akses internet dan data untuk meningkatkan produktivitas usaha, dewasa ini mengalami peningkatan di kalangan pelaku bisnis segmen usaha kecil menengah (UKM) di Indonesia.

Guna memenuhi kebutuhan layanan yang sesuai kemampuan pelaku UKM, PT XL Axiata Tbk (XL) menawarkan solusi melalui layanan mobile broadband (MBB) “XL Biz” yang memang dirancang secara khusus untuk kalangan UKM.

Chief Digital Services Officer XL Joseph Lumban Gaol dalam siaran pers yang diterima Banten Hits mengatakan, dari beberapa hasil survei yang didapatkan XL, ada tiga fakta yang menarik mengenai kebutuhan atas akses internet dan layanan Data di kalangan UKM. 

Pertama, mereka membutuhkan internet untuk penetrasi pasar mereka. Kedua, pelaku UKM rata-rata menggunakan perangkat mobile untuk memenuhi kebutuhan akses internetnya. Ketiga, mereka kurang puas dengan kinerja layanan internet yang sudah ada.

“Fakta-fakta  tersebut menjadi membuka peluang bagi XL untuk menghadirkan layanan MBB bagi UKM,” katanya.

Joseph melanjutkan, akses internet semakin menjadi keseharian pelaku UKM dalam menjalankan bisnisnya. 

Dia menyebut, sekitar 20 persen pelaku UKM di Jabodetabek memiliki toko online sendiri untuk memasarkan produk dan layanannya. Sementara itu, di sisi lain, mereka membutuhkan akses internet yang lebih berkualitas, lebih cepat dan stabil, serta sesuai dengan kemampuan anggaran sebagai pelaku bisnis menengah kecil. 

Layanan ini juga mendapatkan dukungan jaringan yang luas, yaitu di semua kota atau wilayah yang telah terlayani jaringan 4G LTE. Hingga saat ini sudah ada 88 kota dan akan terus bertambah dalam waktu cepat. 

Jaringan untuk 4G LTE milik XL juga memiliki kapasitas yang besar, yaitu 15 Mhz, yang akan sangat leluasa untuk mendukung layanan internet dengan kecepatan dan kestabilan koneksi yang maksimal. 

Layanan mobile broadband ini mampu menghadirkan kecepatan akses internet hingga 150 Mbps. Selain itu, dengan spesifikasi teknis yang unggul, perangkat mampu menangkap sinyal 4G LTE di dalam ruangan secara kuat.

Semua keunggulan tersebut tercermin dalam paket bundling yang ditawarkan dalam paket solusi “XL Biz” (dengan syarat dan ketentuan berlaku) dengan kartu prabayar maupun pasca bayar. 

Ada dua paket yang ditawarkan dengan kartu prabayar. Pertama, paket 90GB untuk masa penggunaan 3 bulan seharga Rp 749.000. Pada paket ini sudah termasuk gratis perangkat Mi-Fi. Selain itu, pelanggan paket ini juga akan mendapatkan diskon 50 persen untuk perpanjangan paket di bulan keempat dan seterusnya. 

Kedua, paket 240GB, masa pakai 3 bulan, Rp 1.499.000. Pada paket ini pelanggan akan memperoleh gratis router. Selain itu, ada diskon 40 persen perpanjangan paket di bulan keempat dan selanjutnya. 

Pada kedua paket, XL juga masih memberikan tambahan bonus promo layanan bernilai tambah (value added service) yaitu kartu perdana Corporate User Group (CUG), XL Tunai, dan nomor virtual XL (Novi).

Sementara itu pada paket pasca bayar, XL menawarkan paket dengan kuota sebesar masing-masing 30GB, 60GB, dan 120GB, dengan harga masing-masing Rp 280.000, Rp 380.000, dan Rp 680.000. Paket ini ditawarkan dengan kontrak selama 1 tahun dan bonus promo layanan digital XL.  

Layanan mobile broadband 4G LTE adalah satu layanan terbaru yang sekaligus juga mempertegas dukungan XL kepada masyarakat Indonesia dalam memasuki era digital.

Layanan ini semakin mempermudah masyarakat dan pelanggan dalam mengakses dan memanfaatkan internet cepat untuk berbagai keperluan produktif. Dengan layanan ini, masyarakat yang belum memiliki smartphone 4G pun akan bisa mengakses 4G, melalui Mi-Fi atau router yang bisa membagi akses ke 10-32 smartphone atau laptop.(Rus)

Author

  • Darussalam J. S

    Darusssalam Jagad Syahdana mengawali karir jurnalistik pada 2003 di Fajar Banten--sekarang Kabar Banten--koran lokal milik Grup Pikiran Rakyat. Setahun setelahnya bergabung menjadi video jurnalis di Global TV hingga 2013. Kemudian selama 2014-2015 bekerja sebagai produser di Info TV (Topaz TV). Darussalam JS, pernah menerbitkan buku jurnalistik, "Korupsi Kebebasan; Kebebasan Terkorupsi".

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Akses Kemudahan Informasi Hingga Pendaftaran Kartu Kuning Melalui Aplikasi SIPUTERI Milik Pemkab Pandeglang

Pandeglang - Dinas Komunikasi Sandi dan Statistik (Diskomsantik) Kabupaten...

Tiga Aplikasi Online Diluncurkan Pemkab Tangerang

Tangerang - Tiga aplikasi online yakni Perijinan Terpadu (Sipintar),...