BKD Cilgeon Gelar Diklat Penyusunan Laporan Keuangan Berbasis Akrual

Date:

Kota Cilegon – Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kota Cilegon menyelenggarakan pendidikan dan pelatihan (diklat) penyusunan laporan keuangan berbasis akrual, Senin (31/10). Diklat yang berlangsung di Hotel Grand Mangku Putra Cilegon tersebut akan berlangsung hingga 25 November 2016.

Plt Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Cilegon Ratu Ati Marliati saat membuka diklat menyambut baik kegiatan tersebut. Menurutnya, reformasi berdampak pada tuntutan masyarakat untuk mereformasi pula masalah keuangan.

“Secara khusus saya menyambut baik diklat ini agar saudara-saudara semakin memahami dan memiliki pengetahuan, keahlian, serta keterampilan untuk dapat melaksanakan tugas secara profesional dengan dilandasi kepribadian dan etika dalam menyusun laporan keuangan sesuai dengan ketentuan yang berlaku,” ungkapnya.

Ati menjelaskan pemerintah pusat telah mencanangkan reformasi dibidang keuangan negara, dan salah satu reformasi yang dilakukan adalah keharusan penerapan akuntansi berbasis akrual pada setiap instansi pemerintahan.

“Penerapan akuntansi berbasis akrual harus dilaksanakan pada setiap instansi pemerintahan, baik pemerintah pusat maupun daerah, ini bertujuan agar keuangan negara dikelola secara tertib, taat pada peraturan perundangundangan, efisien, ekonomis, efektif, transparan dan bertanggung jawab dengan memperhatikan rasa keadilan dan kepatutan,” jelasnya.

Menurut Ati, laporan keuangan berbasis akrual dalam akuntansi dapat memenuhi hal-hal yang berdampak baik bagi laporan keuangan jangka panjang.

“Laporan keuangan berbasis akrual ini dianggap lebih mampu menyediakan hal-hal yang terkait dengan sistem akuntansi yang lebih baik, yang dapat mendukung dalam pembuatan keputusan, dan merupakan konsekuensi jangka panjang dari suatu kebijakan daerah, dibandingkan dengan laporan keuangan berbasis kas yang dipakai selama ini oleh negara kita,” katanya.

Diharapkan, peserta diklat mendapatkan pengetahuan teknis guna mempersiapkan ketersediaan Sumber Daya Manusia (SDM) dalam hal penatausahaan dan penyusunan laporan keuangan pemerintah daerah.
 
“Dengan disiapkannya ketersediaan Sumber Daya Manusia dalam hal penyusunan laporan berbasis akrual diharapkan konsep dari laporan keuangan berbasis akrual yang diartikan suatu basis akuntansi dimana transaksi ekonomi atau peristiwa akuntansi diakui, dicatat, dan disajikan dalam laporan keuangan pada saat terjadinya transaksi tersebut, tanpa memperhatikan waktu kas diterima atau dibayarkan, dapat dipahami peserta diklat sehingga kedepannya laporan keuangan Pemerintah Kota Cilegon sudah menerapkan berbasis akrual ini,” paparnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Diklat BKD Kota Cilegon Yunan Nurkholis menjelaskan, diklat tersebut guna mempersiapkan ketersediaan aparatur yang kompeten dalam bidang penyusunan laporan keuangan berbasis akrual.

“Tujuan diadakannya diklat ini adalah mempersiapkan ketersediaan aparatur yang berkompeten dan mendorong terwujudnya efisiensi, transparansi, dan akuntabilitas yang dapat meningkatkan daya saing nasional, dan manfaat dari laporan keuangan berbasis akrual ini antara lain, memberikan gambaran yang utus atas posisi keuangan pemerintah, menyajikan informasi yang sebenrnya mengenai hak dan kewajiban pemerintah, bermanfaat dalam mengevaluasi kinerja pemerintah terkaity biaya jasa layanan, efisiensi dan pencapaian tujuan,” ungkapnya.

Jumlah peserta diklat laporan keuangan berbasis akrual ini sebanyak 120 orang terdiri dari perwakilan tiap SKPD di lingkungan Pemerintah Kota Cilegon dengan menghadirkan pemateri dari Badan Pemeriksa Keuangan dan Pembangunan (BPKP). (Kominfo Setda Kota Cilegon)

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Sepanjang 2021-2023 Sudah 3.000 Warga Cilegon Dapat Beasiswa Full Sarjana

Berita Cilegon - Pemerintah Kota atau Pemkot Cilegon melalui...

Perkenalkan, Ini Jajaran Pengurus DKM Masjid Agung Al Amjad Periode 2023-2026!

Berita Tangerang - Dewan Kemakmuran Masjid atau DKM Masjid...

Budaya Pelayanan Prima Digaungkan dari Kota Cilegon!

Berita Cilegon - Budaya pelayanan prima digaungkan dari Kota...

Wali Kota Cilegon Ajak ASN dan Masyarakat Ramai-ramai Tangkal Hoaks

Berita Cilegon - Hoaks diprediksi bakal banyak bertebaran, terutama...