Connect with us

Pemkot cilegon

Pemkot Cilegon Luncurkan Program Dana Pembangunan Wilayah Kelurahan

Published

on

Kota Cilegon – Guna mengoptimalkan peran pemerintah kecamatan dan kelurahan, Pemerintah Kota (Pemkot) Cilegon meluncurkan program Dana Pembangunan Wilayah (DPW) Kelurahan.

Wali Kota Cilegon Tb Iman Ariyadi dalam sambutannya saat Sosialisasi Pembangunan Pembangunan (Sospem) tahap pertama, di Lingkungan Kavling Blok C, Kelurahan Masigit, Kecamatan Jombang, Selasa (1/11) mengatakan, program DPW diluncurkan melalui Peraturan Wali Kota (Perwal) Nomor 34 tahun 2015 tentang DPW Kelurahan.

“Perwal ini merupakan respon cepat kami terhadap pasal 230 UU nomor 23 tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota mengalokasikan anggaran dalam APBD kabupaten/kota untuk pembangunan sarana dan prasarana kelurahan dan pemberdayaan masyarakat di kelurahan,” terang Iman dihadapan ribuan masyarakat.

BACA :  Lestarikan Budaya Islami Kecamatan Grogol Cilegon Gelar Festival Marhaban

Iman menjelaskan, program DPW Kelurahan merubah arah kebijakan, dimana inisiatif pembangunan bisa langsung dimulai dari pemerintah kelurahan dan kecamatan. Untuk itu diharapkan, seluruh masyarakat di masing–masing kelurahan se-Kecamatan Jombang dapat terlibat aktif di dalam program tersebut.

“Kebutuhan masyarakat yang bisa dipenuhi oleh program DPW Kelurahan sesuai pasal 11 Perwal Nomor 34 tahun 2015 adalah kebutuhan pembangunan sarana prasarana lokal kelurahan, dan pembangunan yang mendukung pemberdayaan masyarakat,” sambung Iman.

Lebih lanjut Iman mengatakan, melalui peningkatan PAD yang signifikan, laju pembangunan Kota Cilegon berupaya pada pemantapan kemandirian daerah dengan membangun empat mega proyek.

“Pelabuhan wWarnasari, Jalan Lingkar Utara, stadion sepak bola dan revitalisasi pasar tradisional,” ucap Iman.

BACA :  Investor Harus Prioritaskan Pekerja Lokal di Cilegon

Dalam kesempatan tersebut, wali kota juga memaparkan berbagai capaian pembangunan yang telah dilaksanakan oleh Pemkot Cilegon.

Camat Jombang Agus Ariyadi mengaku, pembangunan infrastruktur dan program pemberdayaan masyarakat di wilayah Kecamatan Jombang telah teralisasi.

“Kita sangat bersyukur program pemberdayaan masyarakat berjalan dengan baik bahkan pembangunan infrastruktur di Kecamatan Jombang 90 persen dalam kondisi baik, terutama di jalan–jalan utama,” katanya.

Memasuki sesi dialog, Nurlida Ketua RT Kavling Blok C mengaku bersyukur kegiatan Sospem dilaksanakan di wilayahnya. Ia mengakui, fasilitas umum yang ada di wilayahnya bisa digunakan secara maksimal untuk masyarakat.

“Saya sangat berterima kasih Sospem digelar di wilayah kami, saya juga mohon digalakkannya pembangunan oleh Pemkot Cilegon untuk bisa membantu memaksimalkan keberadaan lahan Fasum di wilayah kami, karena memang selama ini lahan itu dipakai untuk berjualan, mudah-mudahan ini bisa dibatu,” kata Nurlida.

BACA :  Wali Kota Cilegon Lantik 104 Kepala Sekolah dan Pengawas

Hadir dalam acara tersebut, Wali Kota Cilegon Edi Ariadi, Ketua DPRD Kota Cilegon Fakih Usman, Plt. Sekda Ratu Ati Marliati, Asda I Taufiqurrohman, Asda II Tatang Muftadi, Asda III Sari Suryati, Kepala Dinas/Badan di lingkup Pemkot Cilegon, unsur Muspida Lurah se-Kecamatan Jombang, Dirut BUMD Kota Cilegon, Perwakilan BUMN/BUMS, Ormas dan OKP, serta tokoh masyarakat dan ulama.(Kominfo Setda Kota Cilegon)



Terpopuler