HMI Kabupaten Tangerang Siapkan Aksi di Sejumlah Lokasi

Date:

 

Banten Hits – Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Komisariat Tigaraksa, Kabupaten Tangerang akan segera melakukan aksi unjuk rasa di sejumlah lokasi di Tangerang sebagai bentuk protes penangkapan Pengurus Besar (PB) HMI dan sejumlah kader HMI lainnya oleh jajaran Polda Metro Jaya terkait kerusuhan pada aksi damai umat Islam 4 November.

Untuk memutuskan aksi solidaritas itu, HMI Komisariat Tigaraksa kini tengah melakukan koordinasi intensif dengan sejumlah kader HMI lainny di seluruh wilayah Tangerang.

“Sikap kami atas kejadian penangkapan tersebut, kami beserta kawan-kawan kami lainnya di Tangerang akan melakukan koordinasi untuk menggelar aksi unjuk rasa pada instansi kepolisian di beberapa titik. Ini dilakukan untuk meminta agar kader HMI dibebaskan,” kata Ketua HMI Komisariat Tigaraksa, Kabupaten Tangerang, Marno, Rabu (9/11/2016).

Terkait penangkapan Sekjen PB HMI Amijaya, Marno menilai langkah tersebut sebagai upaya pengalihan isu untuk mengaburkan substansi masalah yang sebenarnya, yakni proses hukum terhadap dugaan penistaan agama yang dilakukan Basuki Tjahja Purnama alias Ahok.

“Penangkapan itu merupakan upaya pengalihan isu. Kami pun sangat menyesalkan penangkapan paksa terhadap beberapa kader HMI. Oleh sebab itu, Himpunan Mahasiswa Islam Komisariat Tigaraksa, Kabupaten Tangerang menuntut pembebasan atas kriminalisasi terhadap beberapa kader HMI yang secara prosedur hukum terkesan memaksakan,” tegasnya.

Pasca-pengkapan kader HMI, sejumlah kader dan pengurus cabang HMI di wilayah Banten telah bereaksi, salah satunya HMI Lebak yang menggelar aksi mengecam tindakan kepolisian di Polres Lebak, Rabu (9/11/2016).

BACA JUGA: Gelar Aksi Solidaritas di Polres Lebak, HMI: Kami Dikambing-hitamkan

Sebelumnya, Ketua HMI Cabang Pandeglang Ahmad Jaenudi menilai swepping dan penangkapan secara paksa terhadap Sekjen PB HMI Amijaya dan beberapa kader HMI menyerupai gerakan yang dilakukkan Partai Komunis Indonesia (PKI) pada tahun 1965, di mana terjadi penculikan dan pembantaian terhadap tujuh jenderal Revolusi.

BACA JUGA: HMI Pandeglang Sebut Penangkapan Kader HMI Menyerupai Gerakan PKI

“Kami menilai ini adalah tindakan yang tidak pantas dilakukkan oleh pihak kepolisian sebagai penegak hukum,” tegas Ketua Umum HMI Cabang Pandeglang Ahmad Jaenudi kepada Banten Hits, Selasa (8/11/2016).(Rus)

 

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Respons Aduan Warga, KASN Lakukan Analisa dan Akan Minta Klarifikasi Sekda Kabupaten Tangerang

Berita Tangerang - Komisi Aparatur Sipil Negara atau KASN...

Sekda Kabupaten Tangerang Dilaporkan Warga Sukamulya ke KASN terkait Dugaan Pelanggaran Etik ASN

Berita Tangerang - Sekretaris Daerah atau Sekda Kabupaten Tangerang,...

Digugat Warga dan ‘Diminta’ Pengembang, Bagaimana Nasib 24 Aset Milik Pemkab Tangerang Sekarang?

Berita Tangerang - Sedikitnya 24 aset Pemkab Tangerang saat...

Sepanjang 3-15 April 2024, Jumlah Penumpang di Terminal Poris Plawad Mencapai 1.000 Orang Per Hari

Berita Tangerang - Sepanjang 3-15 April 2024 atau selama...