Enam Aplikasi Kesehatan Diluncurkan Pemkot Tangerang di Hari Pahlawan

Date:

 

Kota Tangerang – Bertepatan dengan Hari Pahlawan yang diperingati pada 10 November, Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang menggelar upacara dan tabur bunga di Taman Makam Pahlawan (TMP) Taruna yang terletak di Jalan Daan Mogot, Kota Tangerang.

Pelaksanaan upacara peringatan Hari Pahlawan di Kota Tangerang itu diikuti unsur TNI/Polri dan Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkungan Pemkot Tangerang. 

Dalam kesempatan itu, Wali Kota Tangerang Arief R. Wismansyah dan Wakil Wali Kota Tangerang Sachrudin meresmikan Museum Juang Taruna yang berada persis di dalam komplek TMP Taruna. Turut hadir sejumlah veteran perang dan pelaku sejarah Peristiwa Lengkong di tahun 1946.

Berbarengan dengan peresmian Museum Juang, Pemkot Tangerang juga meluncurkan enam aplikasi kesehatan, di antaranya aplikasi E-Puskesmas, Aplikasi SMS Bunda, termasuk juga aplikasi Kamar Rumah Sakit.

“Hari ini juga kita melaunching aplikasi yang mempermudah masyarakat, mulai dari aplikasi pendaftaran via SMS bagi mereka yang ingin mendapatkan pelayanan dari puskesmas, sehingga tidak perlu ngantri lagi di Puskesmas,” kata Arief.

“Dan terkait bagaimana semangat kita menurunkan kematian ibu dan anak kita punya aplikasi SMS bunda, jadi yang pada mau punya anak dari mulai perencanaan kehamilan, hamil sampai melahirkan sampai anak lahir satu tahun itu bisa dimonitor diingatkan untuk melakukan imunisasi atau yang lain. Termasuk aplikasi monitor kamar rumah sakit. Sehingga kalau ada yang perlu mendapatkan pelayanan kamar ICU, nicu bisa lewat aplikasi tersebut dan itu kita juga bekerjasama dengan BPJS,” sambungnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan dr. Liza Puspadewi menyampaikan Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang melalui Dinas Kesehatan mempunyai aplikasi untuk mempermudah pelayanan kesehatan di Kota tabgerang, SMS Gateway, Salam Sehat, Kami Datang Kami Layani (Home Care), SMS Bunda, Layanan PKM berbasis Web, dan juga aplikasi Monitor Kamar RS.

“Kalau SMS gateway aplikasi layanan pendaftaran berbasis SMS untuk memudahkan masyarakat mendapatkan layanan dan mengurangi antrian, sedang SMS Bunda informasi dan edukasi 1000 hari pertama kehidupan. Kemudian kalau aplikasi Salam Sehat yaitu sistem informasi yang dapat mengolah keluhan dari masyarakat,” ungkapnya.

“Terus aplikasi Kami datang Kami Layani (Home Care) program kunjungan rumah untuk mendekatkan pelayanan kepada masyarakat. Kita juga sediakan pelayanan puskesmas berbasis web jadi pelayanan puskesmas sudah menuju ke arah layanan paperless. Selanjutnya aplikasi monitor ketersediaan kamar  di RS, program akan menjembatani apliaksi E-Puskesmas dengan jumlah kamar di RS berdasarkan data yang disediakan oleh BPJS, dan peserta BPJS di Kota Tangerang sudah mencapai 1,350 Juta,” terang mantan Kepala Badan Lingkungan Hidup Kota Tangerang ini.

Dr. Lisa juga menjelaskan bahwa layanan E-Puskesmas tersebut bisa diakses melalui nomer 08113347774. 

“Jadi ketik SMS dengan format DAFTAR<spasi>NIK<spasi>POLI TUJUAN<spasi>PUSKESMAS TUJUAN<spasi>TANGGAL( DD-MM-YYYY),” jelasnya.(Humas Pemkot Tangerang)

 

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Woro-woro! Kuota untuk Uji Lab Produk IKM Gratis di Kota Tangerang Masih Tersedia

Berita Tangerang - Pelaku Industri Kecil Menengah (IKM) di...

Pemkot Banjir Aduan, Skenario Penataan Pasar Sipon Segera Disiapkan

Berita Tangerang - Skenario penataan Pasar Sipon yang berlokasi...