Dukung Potensi Ilmu Kepariwisataan, Akparindo Didirikan di Kota Cilegon

Date:

 

Banten Hits – Untuk meningkatkan potensi pendidikan di Provinsi Banten, khususnya dalam bidang pendidikan kepariwisataan, saat ini di Kota Cilegon telah hadir Akademi Pariwisata Nasional Indonesia (Akparindo) dengan jenjang pendidikan setingkat diploma tiga (D3).

Peluncuran Akparindo dilakukan melalui soft opening yang digelar Jombang Masjid, Kelurahan Jombang Wetan, Kecamatan Jombang, Kota Cilegon, Kamis (17/11/2016). 

Pembina Akparindo Ahmad Sari Alam mengungkapkan, Banten merupakan sebuah provinsi yang mempunyai ratusan tempat pariwisata dan dapat berpontensi dijadikan program Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) yang letaknya pada wilayah Banten Selatan.

“Meskipun kita akui Kota Cilegon memang memiliki wilayah yang tidak terlalu luas, namun kota baja ini memiliki potensi besar dalam dunia kepariwisataan. Diluncurkannya Akparindo ini bertujuan untuk menimba ilmu kepariwisataan. Jadi nanti untuk sertifikasi pariwisata adanya di Cilegon,” terangnya sambil menjelaskan, jurusan yang tersedia di Akparindo di antaranya perhotelan, marketing, house office dan lainnya.

Ahmad menambahkan, ke depan akan diberlakukan program Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) yang sudah sejak lama dicanangkan pemerintah pusat. Dengan diberlakukan program tersebut maka akan terdapat banyaknya asing yang masuk ke Indonesia. Salah satu wilayah yang akan banyak didatangi orang asing adalah Kota Cilegon pasalnya Cilegon terdapat industri besar dengan investor asing.

“Ke depan akan masuk investor dari Lotte, dari Nippon dan lain sebagainya. Jadi Cilegon ini bisa dibilang pusatnya MEA di Banten. Jadi ke depan akan memerlukan banyak hotel-hotel disini,”Imbuhnya.

Di tempat yang sama Wakil Wali Kota Cilegon Edi Ariyadi mengatakan, pihaknya sangat mendukung adanya program peningkatan SDM di bidang pariwisata dengan didirikannya Akparindo.

“Guna mendukung potensi wisata terus yang tumbuh, Pemkot Cilegon akan terus meningkatkan infrastruktur,” tandasnya. (Rus)

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Jumat Curhat Polda Metro Jaya di Legok; Cara Humanis Polsek Legok Ciptakan Kamtibmas dan Dekatkan Diri ke Warga

Berita Tangerang - Kejahatan jalanan dan kenakalan remaja menjadi...

Respons Aduan Warga, KASN Lakukan Analisa dan Akan Minta Klarifikasi Sekda Kabupaten Tangerang

Berita Tangerang - Komisi Aparatur Sipil Negara atau KASN...

Sekda Kabupaten Tangerang Dilaporkan Warga Sukamulya ke KASN terkait Dugaan Pelanggaran Etik ASN

Berita Tangerang - Sekretaris Daerah atau Sekda Kabupaten Tangerang,...

Digugat Warga dan ‘Diminta’ Pengembang, Bagaimana Nasib 24 Aset Milik Pemkab Tangerang Sekarang?

Berita Tangerang - Sedikitnya 24 aset Pemkab Tangerang saat...