Connect with us

METROPOLITAN

Kritik BPJS, Bupati Lebak: Berikan Pelayanan Jangan Hanya Nikmati Uang Rakyat!

Published

on

 

Banten Hits – Bupati Lebak Iti Octavia Jayabaya menyebut kebijakan yang baru-baru ini dibuat Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) tidaklah rasional dan perlu dikritisi semua pihak. Pasalnya belakangan ini banyak masyarakat yang belum merasakan realisasi BPJS padahal setiap tahunnya pemerintah selalu membayar iuran.

“Saat ini kita minta daftar yang sudah terdaftar saja belum dikasih tahu. Ini potensi tumpang tindih,” kata Iti saat meelantik Dewan Hakim dan Panitera MTQ XXXV Kabupaten Lebak di Aula Multatuli, Sabtu (19/11/2016).

Menurutnya, jika BPJS memberitahu siapa saja yang belum terdaftar beserta data alamatnya, mungkin pemerintah Kabupaten Lebak bisa menginventarisir, sehingga yang belum tercover akan didaftarkan melalui APBD.

BACA :  Empat Pemuda di Kota Serang Harus Mandi Miras yang Ditenggaknya

“Kita setiap tahun iuran tapi realisasinya belum ada,” tegasnya.

Iti meminta BPJS tidak hanya menikmati uang rakyat saja namun berikan juga pelayanan yang sesuai kepada masyarakat. Saat ini masyarakat Kabupaten Lebak yang sudah terdaftar melalui APBD Kabupaten Lebak sebanyak 15.200 jiwa dan APBD pusat sebanyak 718.000 jiwa.

“Itu bukan sedikit kami perlu data yang jelas dari BPJS sehingga 1.3 juta jiwa di Kabupaten Lebak bisa tercover oleh BPJS dan tidak tumpang tindih,” ucapnya.

Apalagi, kata Iti, adanya kebijakan bayi yang di dalam kandungan jika ingin dicover oleh BPJS harus juga ikut didaftarkan.

“Kan kita belum tahu siapa namanya yang didalam kandungan itu tapi tetap harus didaftarkan, saya rasa ini kebijakan yang ngaco,” tuturnya.

BACA :  Curi Tas dan HP di Tempat Praktik Bidan, Pemuda Asal Lebak Ditangkap Polisi

Iti menegaskan, Senin (21/11/2016) pihaknya akan mencoba berkoordinasi dengan BPJS mengingat peristiwa keluhan dan digugat yang masyarakat Kabupaten Goa salah satunya ini.

“Kita akan kritisi agar kebijakan BPJS ini benar-benar terealisasi kepada masyarakat,” pungkasnya. (Rus)



Terpopuler