Penelitian Kopi Hideung Gula Beureum SMAN 1 Malingping Juarai OPSI Banten

Date:

 

Banten Hits – Tiga siswa asal SMAN 1 Malingping berhasil membawa harum nama sekolah juga Kabupaten Lebak pada Humaniora Olimpiade Penelitian  Siswa Indonesia (OPSI) bidang IPS tingkat Provinsi Banten.

Tiga siswa SMAN 1 Malingping itu masing-masing Kingking Khoirunnisa, Hasrotul Hikmah dan Sulis Susilawati. Mereka berhasil menyabet juara 1 pada perlombaan yang digelar di Hotel Marbella Anyer pada 16-19 November 2016. 

Integrasi kopi hideung dan gula beureum sebagai media pemersatu dan komunikasi politik pada masyarakat Sumber Waras, Kecamatan Malingping, Kabupaten Lebak menjadi judul penelitian yang berhasil memnawa harum nama Kabupaten Lebak.

Kingking menjelaskan, kopi hideung (kopi hitam) sangat mengintegrasi keseharian masyarakat Sumber Waras. Penggunaan kopi hideung diakui oleh mayoritas masyarakat untuk membangun kekeluargaan dan persatuan, di mana kopi hideung digunakan sebagai suguhan dalam menjamu tamu, teman, kerabat sampai pejabat baik di rumah, di kantor, di warung atau di mana pun.

“Begitu juga dengan gula beureum (gula merah) sebagai bahan yang dapat menambah manisnya kopi hideung dengan alami, dan gula beureum diakui sering digunakan sebagai oleh-oleh untuk diberikan kepada tamu atau wisatawan dari luar daerah,” terangnya.

Menurut Kingking, penelitian tersebut dilakukan dengan cara mengambil responden sebanyak 40 orang masyarakat Sumber Waras dengan waktu penelitian dimulai dari Januari 2016 hingga Maret 2016.

“Dan alhamdulillah hasilnya berhasil mendapat juara pertama pada perlombaan yang diselenggarakan dinas pendidikan Provinsi Banten itu,” akunya.

Menanggapi hal tersebut Bupati Lebak Iti Octavia Jayabaya mengaku bangga dengan keseriusan dan kreativitas pelajar asal SMAN 1 Malingping tersebut.

“Pemberian penghargaan ini diharapkan bisa mendorong dan memacu anak-anak kita untuk lebih meningkatkan prestasinya di semua bidang,” kata Iti saat memberikan amanat pada upacara kenaikan bendera di SMAN 1 Malingping, Senin (21/11/2016).

Penghargaan ini, kata Iti, layak diberikan kepada siswa-siswi berprestasi yang berhasil mengharumkan Kabupaten Lebak. Pemerintah Kabupaten Lebak akan berupaya agar pelajar berprestasi tersebut bisa terus melanjutkan sekolahnya kepada jenjang yang lebih tinggi.

“Kita akan bantu dan berikan kemudahan bagi pelajar berprestasi yang ingin terus berkembang dan melanjutkan sekolah,” katanya.(Rus)

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Dua Parpol Pemilik Suara Besar di Banten Gelar Pertemuan Tertutup, Isyarat Koalisi Mencuat

Berita Banten - Partai Golkar dan Partai Gerindra yang...

Arahan Presiden Jokowi dalam Rakernas Kesehatan Nasional di Kabupaten Tangerang

Berita Banten - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghadiri sekaligus...