UN Dihapus, Bupati Lebak Minta Pusat Fokus Pada Penguatan Karakter Siswa

Date:

Banten Hits – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy akan menghapuskan Ujian Nasional (UN) terhitung sejak tahun 2017.

Menanggapi hal tersebut, Bupati Lebak, Iti Octavia Jayabaya menyambut baik. Menurutnya, UN memang menjadi salah satu momok yang paling ditakutkan oleh siswa.

“Kita senang-senang saja, biasanya kalau jelang UN anak-anak pasti stres. Kalu dihapus mereka bisa lebih fresh,” kata Iti usai memperingati Hari Anak Nasional di pendopo bupati, Senin (28/11/2016).

Menurutnya, UN memang kurang tepat jika digunakan sebagai tolak ukur untuk menentukan lulus dan tidaknya siswa. Saat ini yang terpenting adalah, bagaimana bagaimana mencetak siswa yang kreatif dan berkarakter.

“Yang hampir punah itu adalah etika dan sopan santun siswa. Jadi saran saya, pemerintah pusat lebih baik fokus terhadap sistem pendidikan yang mampu memperkuat karakter siswa. Jangan lagi menggantungkan semuanya pada nilai UN,” pinta Iti.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Lebak, Wawan Ruswandi mengaku, pihaknya masih menunggu keputusan pemerintah pusat terkait dengan dihapuskannya UN yang sudah direstui Presiden Joko Widodo.

“Saya harap dihapuskannya UN ini tidak ada dampak negatif. Artinya, rencana ini tidak membuat siswa malah bersantai. Perlu instrumen agar siswa terus bersemangat belajar,” harapnya.(Nda)

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Dua Parpol Pemilik Suara Besar di Banten Gelar Pertemuan Tertutup, Isyarat Koalisi Mencuat

Berita Banten - Partai Golkar dan Partai Gerindra yang...

Arahan Presiden Jokowi dalam Rakernas Kesehatan Nasional di Kabupaten Tangerang

Berita Banten - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghadiri sekaligus...