4.000 Kg Cumi Hasil Sitaan Kementerian Perikanan Dibagikan kepada Warga Pandeglang

Date:

Banten Hits – Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) membagikan 4.000 kg cumi beku kepada masyarakat Pandeglang, di pendopo bupati, Kamis (1/12/2016). Ribuan kg cumi tersebut merupakan hasil sitaan KKP dari perairan laut Indonesia dalam kurun waktu beberapa bulan terakhir.

Sekretaris Dirjen Perikanan Tangkap KKP, Mohammad Abduh Nurhidayat mengatakan, pembagian hasil laut dalam rangka momentum Hari Ikan Nasional yang jatuh pada pada 21 November.

“Cumi ini masuk ke Indonesia tanpa dokumen yang lengkap. Daripada dimusnahkan, lebih baik didistribusikan kepada masyarakat, kualitasnya juga masih terjaga,” kata Sekretaris Dirjen Perikanan Tangkap KKP, Mohammad Abduh Nurhidayat.

Pembagian cumi kepada masyarakat juga salah satu upaya untuk konsumsi masyarakat terhadap ikan laut yang mempunyai kandungan gizi tinggi.

“Konsumsi masyarakat terhadap hasil laut masih rendah, padahal gizi ikan sangat bagus,” terang Abduh.

Hasil sitaan ini merupakan wujud komitmen KKP dalam memberantas ilegal fishing yang marak terjadi di perairan laut Indonesia. Adapun sasaran pembagian hewan yang kaya akan kalium dan natrium ini adalah sejumlah kalangan yang dinilai membutuhkan pasokan ikan.

“Pondok pesantren, panti asuhan, dan masyarakat yang perlu dimotivasi untuk meningkatkan konsumsi ikan,” ujarnya.

Sementara itu, Bupati Pandeglang, Irna Narulita menyambut baik perhatian dari kementerian yang dipimpin Susi Pudjiastuti. Ia berharap, perhatian lainnya terus diberikan oleh pemerintah pusat kepada Kabupaten Pandeglang.

“Saya ucapkan terima kasih sudah membantu masyarakat di Pandeglang. Kita support terus program KKP. Perhatiannya terhadap Pandeglang diharapkan lebih besar, mengingat Pandeglang memiliki pantai terpanjang di Banten,” kata Irna.

Irna juga menyampaikan, Pemkab Pandeglang akan mendukung seluruh program yang dicanangkan KKP, termasuk upaya mendorong masyarakat untuk meningkatkan konsumsi terhadap ikan. Kandungan gizi yang terkandung dalam kelompok hewan vertebrata ini bisa meningkatkan kesehatan dan kecerdasan masyarakat.(Nda)

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Respons Aduan Warga, KASN Lakukan Analisa dan Akan Minta Klarifikasi Sekda Kabupaten Tangerang

Berita Tangerang - Komisi Aparatur Sipil Negara atau KASN...

Sekda Kabupaten Tangerang Dilaporkan Warga Sukamulya ke KASN terkait Dugaan Pelanggaran Etik ASN

Berita Tangerang - Sekretaris Daerah atau Sekda Kabupaten Tangerang,...

Digugat Warga dan ‘Diminta’ Pengembang, Bagaimana Nasib 24 Aset Milik Pemkab Tangerang Sekarang?

Berita Tangerang - Sedikitnya 24 aset Pemkab Tangerang saat...

Sepanjang 3-15 April 2024, Jumlah Penumpang di Terminal Poris Plawad Mencapai 1.000 Orang Per Hari

Berita Tangerang - Sepanjang 3-15 April 2024 atau selama...