Connect with us

Pemkab Pandeglang

Pemkab Pandeglang Terus Sosialisasikan Budaya Gemarikan

Published

on

Kabupaten Pandeglang – Kabupaten Pandeglang menerima bantuan 4 ton cumi dari Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP). Bantuan diterima langsung Bupati Pandeglang, Irna Narulita, di Pendopo Pandeglang, Kamis (1/12).

Sekretaris Ditjen Perikanan Tangkap KKP, Moh. Abduh Nur Hidajat mewakili Menteri KKP menyampaikan, pemberian bantuan ini dalam rangka menggalakan budaya gemar mengkonsumsi ikan. Pasalnya, ikan sangat kaya protein dan ketersediaan yang cukup banyak.

“Ikan yang kami bawa ini besar dan bersih, setara dengan kualitas impor. Dan mengkonsumsi ikan cukup bagus buat tubuh dan pertumbuhan otak,” ungkap Abduh.

Bantuan ikan ini diperuntukan bagi masyarakat dan pondok pesantren (ponpes) yang ada di pandeglang

“Semua bantuan ini kami serahkan ke bupati Pandeglang, dan nanti akan di distribusikan oleh SKPD terkait,” jelasnya.

Sementara itu, Pemkab Pandeglang mengucapkan terima kasih atas perhatian pemerintah pusat, salah satunya bantuan dari KKP.

“Kami ucapkan terima kasih untuk perhatian dan bantuannya, dengan membudayakan makan ikan sangat cocok sekali dengan ketersediaan sumber dayanya di Pandeglang dengan pantai terpanjang di Banten,” ujarnya.

Dengan bantuan tersebut diharapkan dapat memotivasi masyarakat Pandeglang untuk membudayakan mengkonsumsi ikan. Karena, dengan membiasakan makan ikan akan menciptakan generasi yang cerdas.

“Untuk itu melalui Dinas Perikanan, kami (pemkab) terus mensosialisasikan budaya Gemar Makan Ikan (Gemarikan) di Pandeglang,” terang Irna.

Adapun ponpes yang menerima bantuan tersebut sebanyak 215. Masing masing ponpes mendapatkan 10 kilogram. Dan secara simbolis diterima oleh Ponpes Miftahul Huda, Turus, dan Al-Mutaqin.

Irna kemudian menghadiri kegiatan Gemarikan yang juga dilakukan oleh Dinas Perikanan Kabupaten Pandeglang. Salah satunya pemberian ikan gratis untuk anak sekolah dasar, yakni di SD Sukaratu 2, Kelurahan Sukaratu, Kecamatan Majasari.

Kepala Dinas Perikanan, Tata Nanjaryadi mengatakan, budaya Gemarikan yang diprogramkan oleh DKP saat ini lebih ditunjukan ke anak sekolah. Pasalnya, dengan mengkonsumsi ikan, anak sekolah akan menjadi sehat dan cerdas.

“Dulu kami arahkan untuk masyarakat saja. Tapi sekarang kami lebih tertuju ke anak sekolah karena mereka berada pada masa pertumbuhan yang harus banyak asupan makanan bergizi,” jelasnya.

Tata menjelaskan, bantuan yang diberikan sebanyak 1,4 ton ikan yang berparetip. Mulai dari ikan tawar dan laut.

“Kami menyediakan 350 kantong ikan dengan berat per kantongnya adalah 4 kilogram,” imbuhnya.(Kominfo Setda Kabupaten Pandeglang)

Trending