Orangtua, Ini Faktor Penyebab Terjadinya Kenakalan Anak

Date:

Banten Hits – Banyak faktor yang menyebabkan terjadinya kenakalan pada anak. Kurangnya fungsi sekolah dan orangtua sebagai pranata utama dinilai menjadi salah satu faktor maraknya kenakalan anak.

Ketua Lembaga Perlindungan Anak Indonesia, Seto Mulyadi mengatakan, setiap orangtua, seyogianyanya mampu mengenal potensi yang dimiliki oleh buah hatinya. Selain pula, mempercayai bahwa setiap anak mempunyai kecerdasan.

Sebagai orangtua, seorang ibu dianggap merupakan psikolog terbaik bagi anak-anaknya. Hal ini lantaran, merekalah yang paling mengenal bagaimana karakter dan perilaku anak sehari-hari.

“Orangtua terlalu sibuk, tidak ada komunikasi, tuntutan terlalu tinggi, kekerasan pada anak, tidak tahu potensi anak, ambisi orangtua dan guru, dan diskriminasi merupakan faktor-faktor yang menjadi penyebab anak melakukan kenakalan,” beber Seto dalam sebuah seminar di TK Negeri Pembina Akhlakul Karimah, Tangerang, kemarin.

Pria yang akrab disapa Kak Seto ini mengingatkan, bentuk-bentuk kekerasan psikis maupun fisik sangat tidak tepat dilakukan orangtua untuk mendidik anak-anaknya.

“Orangtua harus kreatif, jangan pernah membentak anak apalagi sampai memukul. Beritahu anak dengan cara yang santun. Misalnya, jika anak melakukan kesalahan, jelaskan bahwa apa yang dilakukannya salah secara baik-baik,” katanya.

Seto pun mewanti-wanti agar orangtua tidak mengharapkan anak menjadi seornag yang penurut.

“Jangan mimpi punya anak penurut, karena nanti anda akan frustasi. Tapi bermimpilah memiliki anak yang mandiri dan dapat diajak bekerjasama,” ucapnya.(Nda)

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Mau Cantik tapi Tetap Syar’i? Mulailah Koleksi Karya-karya Dwi Hapsari Ini!

Berita Tangerang - Bisa terlihat cantik dan syar'i merupakan...

15 Kedai Lokal Siap Unjuk Gigi di Festival Kopi Kabupaten Lebak 14-18 Desember 2022

Berita Lebak - Lebak Ekonomi Kreatif (Leekraf) menggelar festival...

Pakai Trail Kuning, Ini Aksi Eksentrik Sachrudin ‘Nyoride’ bareng Penghobi Motor di Kota Tangerang

Tangerang - Wakil Wali Kota Tangerang, Sachrudin berkesempatan turun...

Restoran Dinasty Berganti Nama Star Kitchen Celcius; Tak Ada Alkohol, yang Ada Makan Sepuasnya!

Cilegon - Restoran Dynasty yang berlokasi di Jalan Sultan...