Ratusan Ribu Penumpang Akan Padati Pelabuhan Merak, Menhub Minta ASDP Tingkatkan Pelayanan

Date:

Banten Hits – Calon penumpang yang akan menyeberang ke Pulau Sumatera melalui Pelabuhan Merak saat arus mudik Natal diprediksi meningkat 3 persen atau sekitar 870.338 orang dari hari biasa 844.988 orang. Puncak arus mudik Natal diperkirakan akan terjadi mulai tanggal 23-24 Desember 2016.

Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi memastikan, penyeberangan Merak-Bakahueni akan berjalan lancar. Hal tersebut disampaikan Budi usai meninjau kesiapa PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Merak, Senin (12/12/2016).

“Kami menyimpulkan bahwa menyambut Natal dan Tahun Baru telah dipersiapkan dengan baik. Salah satunya, dengan penambahan kapal,” ujar Budi.

Selain menambah jumlah kapal di perlintasan Selat Sunda, khususnya pelayanan penyebrangan Merak-Bakahueni, Kemenhub juga memerintahkan ASDP agar meningkatkan pelayanan dengan memperlancar dan mempercepat pelayanan kapal.

“Penambahan loket penumpang dan memangkas waktu pelayanan bongkar muat kapal saat sandar di dermaga pelabuhan dari port time, yang biasanya 1 jam kita percepat menjadi 40 menit,” ungkap Budi.

Sebanyak 54 unit kapal dari 58 unit yang saat ini tersedia akan dioperasikan untuk melayani penumpang pada arus mudik Natal dan libur Tahun Baru.

Jumlah kendaraan roda dua diprediksi naik 5 persen menjadi 33.966 unit. Kendaraan roda empat pribadi juga diprediksi meningkat 5 persen dari 80.674 unit pada tahun lalu. Tahun ini jumlah kendaraan roda empat diperkirakan mencapai 84.708 unit.(Nda)

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Digugat Warga dan ‘Diminta’ Pengembang, Bagaimana Nasib 24 Aset Milik Pemkab Tangerang Sekarang?

Berita Tangerang - Sedikitnya 24 aset Pemkab Tangerang saat...

Sepanjang 3-15 April 2024, Jumlah Penumpang di Terminal Poris Plawad Mencapai 1.000 Orang Per Hari

Berita Tangerang - Sepanjang 3-15 April 2024 atau selama...

Angka Kecelakaan saat Mudik Lebaran 2024 Menurun, Pelanggaran ETLE Meningkat

Berita Jakarta - Angka kecelakaan saat Mudik Lebaran 2024...