Connect with us

METROPOLITAN

Lima Dinas di Kabupaten Lebak Dibubarkan

Published

on

Banten Hits – Susunan Organisasi dan Tata Kerja (SOTK) baru dan Peraturan Daerah (Perda) Kabupaten Lebak Nomor 8 tahun 2016 tentang Pembentukan dan Susunan perangkat Daerah,  lima dinas di lingkup Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lebak.

Kelima dinas yang akan dibubarkan pada tahun 2017 nanti adalah Dinas Sumber Daya Air (DSDA), Dinas Kehutanan dan Perkebunan (Dishutbun), Dinas Kebersihan, Dinas Cipta Karya (DCK), dan Dinas Pertambangan dan Energi (Distamben). Pembubaran terhadap kelima dinas juga karena ada kewenangan yang diambil Pemprov Banten.

Kepala Bagian Organisasi dan Tata Laksana (Ortala) Setda Lebak, Vidia Indra, Rabu (21/12/2016) mengatakan, selain sejumlah dinas akan dibubarkan namun ada beberapa dinas yang dibentuk dengan landasan Perda tersebut.

BACA :  Sopir Tewas di Gudang Beras

“Sebelumnya ada 18 dinas, 8 badan, 4 kantor, 1 RSUD, 4 Asisten Daerah (Asda), 10 bagian-bagian dan 28 kecamatan,” kata Vidia kepada Banten Hits, di ruang kerjanya.

Namun, di tahun 2017 jumlah dinas akan bertambah menjadi 23 dengan 4 badan, 1 Sekertariat Daerah (Setda), 1 Sekertariat DPRD, 3 staf ahli, 3 Asda, 28 Kecamatan dan 10 bagian-bagian. Penentuan jabatan akan dilakukann oleh Badan Pertimbangan Jabatan dan Kepangkatan (Baperjakat) dan bupati Lebak.

“Kalau non job saya tidak tahu, itu ranahnya Baperjakat, BKD dan bupati. Yang jelas di sini kan ada penambahan dinas meskipun beberapa dinas dihapuskan, jadi sepertinya tidak ada,” ucapnya.

Untuk eselon II.a tidak ada pengurangan karena tingkat tersebut merupakan seorang Sekretaris Daerah (Sekda). Namun, untuk golongan II.b, III.a, IV.a terdapat pengurangan jabatan berdasarkan peraturan yang berlaku.

BACA :  Suap Bank Banten, Jaksa KPK Tuntut Mantan Dirut PT BGD 3 Tahun Penjara

“II.b itu berkurang 2, eselon III.a berkurang 2, eselon IV.a berkurang 18. Tapi, untuk golongan III.b justru bertambah 4, begitu juga eselon IV.b bertambah 17,” bebernya.

Dari total 972 jabatan di tahun 2016, nantinya berdasarkan Perda Nomor 8 tahun 2016 hanya berkurang 1 jabatan yakni Asda IV.

“Untuk penempatan nanti akan di mutasi yang sudah mendapatkan persetujuan dari bupati Lebak,” tutupnya.(Nda)



Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler