Surati Desa Penunggak Rastra, DPPKP Kab. Tangerang: Tidak Digubris Bisa Diproses Hukum

Date:

Banten Hits – Utang beras rakyat sejahtera (rastra) Kabupaten Tangerang kepada Bulog Sub Divre Tangerang hingga akhir tahun 2016 mencapai Rp4,8 Miliar.

BACA JUGA: Utang Rastra Kabupaten Tangerang ke Bulog Capai Rp4,8 Miliar

Dinas Pertanian Peternakan dan Ketahanan Pangan (DPPKP) Kabupaten Tangerang menyebut, tingginya utang rastra disebabkan masih banyaknya tunggakan rastra yang berada di pemerintah desa.

“Bahkan sampai 7 bulan,” kata Kabid Ketahanan Pangan DPPKP Kabupaten Tangerang, Kustrin Winda, saat ditemui di ruang kerjanya, Selasa (3/1/2016).

Kata Winda, DPPKP sudah melayangkan surat kepada desa-desa tersebut. Jika sampai panggilan ketiga tidak digubris, pihaknya akan menindaklanjuti dengan proses hukum.

“Sampai tiga kali tidak digubris, kami tindak lanjuti dengan proses secara hukum,” tegasnya.

Catatan DPPKP, ada 10 desa yang tunggakannya masih tinggi, diantaranya, Desa Jinjing Kecamatan Cisoka, Desa Pangkat Kecamatan Jayanti, Desa Koper Kecamatan Kresek, dan Desa Perahu Kecamatan Sukamulya, Desa Cibugel dan Desa Cisoka Kecamatan Cisoka.

“Desa Patramanggala Kecamatan Kemiri 6 bulan, Desa Kadusirung Kecamatan Pagedangan 6 bulan, Desa Cileles dan Desa Bantarpanjang Kecamatan Tigaraksa 6 bulan,” sambungnya.

Winda menegaskan, tunggakan rastra merupakan tanggung jawab pemerintah desa sebagai pengola. Pasalnyam masyarakat tidak pernah tidak melakukan pembayaran pada saat membeli.

“Masalahnya kepala desa selalu beralasan bahwa tunggakan tersebut adalah tanggung jawab kepala desa sebelumnya. Padahal, kita berharap agar penyerapan tetap berjalan karena ini sudah jadi program nasional,” ujarnya.

Buruknya penyerapan raskin sambung Winda, akan berdampak terhadap proses distribusi.

“Masyarakat yang dirugikan karena tidak ada pengiriman dari Bulog,” tegasnya.(Nda)

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Sepanjang 3-15 April 2024, Jumlah Penumpang di Terminal Poris Plawad Mencapai 1.000 Orang Per Hari

Berita Tangerang - Sepanjang 3-15 April 2024 atau selama...

Angka Kecelakaan saat Mudik Lebaran 2024 Menurun, Pelanggaran ETLE Meningkat

Berita Jakarta - Angka kecelakaan saat Mudik Lebaran 2024...

Lakalantas di Depan Ruko Barcelona Rawa Mekar Jaya Serpong, Dua Orang Luka

Berita Tangsel - Kecelakaan lalu lintas terjadi di Jalan...