Bupati Lebak Ikut Salat Subuh Bersama Ribuan Warga

Date:

 

Lebak – Sedikitnya 1.200 warga Kabupaten Lebak mengikuti gerakan salat Subuh berjamaah yang digelar Pemerintah Kabupaten Lebak bersama DKM mesjid Agung Al-Araf, Minggu (15/1/2017).

Deden Sunandar, penyelenggara gerakan ini mengatakan, gerakan salat Subuh berjamaah ini diselenggarakan DKM Masjid Al-araf bersama lintas organisasi pemuda Islam. Kegiatan dimulai dengan itikaf yang diikuti lebih dari 300 peserta yang terdiri dari pelajar, mahasiswa dan masyarakat umum.

“Itikaf diisi dengan majelis ilmu dengan narasumber H. Agus Sutisna dan H. Deden Sunandar dengan membawakan tema ‘Membaca Fenomena Kebangkitan Islam di Nusantara dan Menggagas kreativitas pemuda Islam Lebak,” kata Deden ketika dihubungi Banten Hits, Minggu (15/1/2017).

Menurutnya, setelah mengikuti majelis ilmu, peserta itikaf turun ke Alun-alun Rangkasbitung mengajak masyarakat yang sedang menikmati malam untuk ikut salat Subuh berjamaah. 

Kegiatan dilanjutkan dengan salat tahajud bersama dan tilawatil Quran, lalu dilanjutkan dengan sholat Subuh berjamaah, kajian Subuh dan umat bertanya ulama menjawab.

“Kegiatannya dari Sabtu (14/1/2017) dengan imamnya Sekretaris MUI Lebak KH udong Khudori,” katanya.

Bupati Lebak Iti Octavia Jayabaya yang juga turut hadir dalam gerakan salat Subuh berjamaah mengatakan, kegiatan ini perlu diberdayakan. Pemerintah Kabupaten Lebak akan terus mensupport semua kegiatan yang berhubungan dengan kepentingan umat.

“Soal legalitas mesjid agung ini saya berharap kepada keluarga dan ahli waris dapat membantu menyerahkan surat wakaf ke pemerintah daerah agar kami dapat membantu secara optimal pemeliharaan masjid yang kita banggakan,” pintanya.

Sementara Ketua DKM Mesjid Agung Al- Araf H. Eri mengaku terharu, mengingat biasanya jumlah jamaah dalam melaksanakan shalat subuh hanyalah setengah shaf saja.

“Ini harus dilanjutkan agar masyarakat membudayakan solat berjamaah,” ucapnya.

Berdasarkan informasi, gerakan salat Subuh berjamaah juga dilaksanakan di Lebak selatan, yaitu di Masjid Jami Nurul Falah Ciherang yang diikuti lebih dari 300 jamaah dengan pelaksananya ikatan remaja masjid Desa Ciherang, MU-IQro Club SMAN 1 Cibeber dan Ikatan ROHIS (IKRO) Lebak.

Sementara, organisasi pemuda Islam Kabupaten Lebak yang terlibat dalam gerakan salat Subuh berjamaah di Masjid Al Araf, yakni IKADI, JPRMI, Feks Wasilatul falah, KAMMI, Kapmi, Laz Harfa, Kesyala, Fossei Banten, Ar-Rayyah TV, FKRML, Baznas, FPI, NU, KNRP, FSPP, KPJ, Garuda Keadilan Lebak, MU Iqra Club lebak SMAN 1 Cibeber, IRM Ds Ciherang, Ikatan ROHIS (IKRO) Lebak Dan Komunitas One Day One Juz (ODOJ) lebak serta didukung oleh Pemerintah kab lebak, polres Lebak, dandim Lebak, MUI Lebak, FSPP kab Lebak, dan FkGRM Baznas Kabupaten Lebak.

Selain bupati Lebak, hadir juga dalam kegiatan ini Dandim Lebak, Sekda Lebak, Ulama se-Kabupaten Lebak, serta pimpinan seluruh pondok pesantren di Lebak. (Rus)

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Dua Parpol Pemilik Suara Besar di Banten Gelar Pertemuan Tertutup, Isyarat Koalisi Mencuat

Berita Banten - Partai Golkar dan Partai Gerindra yang...

Arahan Presiden Jokowi dalam Rakernas Kesehatan Nasional di Kabupaten Tangerang

Berita Banten - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghadiri sekaligus...

Pemindah-tanganan Aset Karantina Hewan Pemkab Tangerang yang Kini Diduga Dikuasai Pengembang Masih Misterius

Berita Tangerang - Proses pemindah-tanganan aset milik Pemkab Tangerang...