Connect with us

METROPOLITAN

DPMD Lebak Sebut NRP-Des Penting Dimiliki Perangkat Desa

Published

on

Lebak – Perangkat desa mempunyai peran penting untuk kemajuan desa. Program-program yang dilakukan pemerintah desa akan bisa diwujudkan dengan sinergi antara kepala desa dengan perangkatnya.

Kabid Pemerintahan Desa Dinas Pemberdayaan Manusia dan Desa (DPMD) Kabupaten Lebak, Lingga Segara menjelaskan, Nomor Register Perangkat Desa (NRP-Des) sangat penting dimiliki oleh para perangkat desa agar keberadaan dan kinerja perangkat desa diakui pemerintah daerah.

“Kan banyak setelah berganti kepala desa, perangkat desa juga diganti. Nah, kalau terus diganti kapan mau maju desanya. Dengan NRP-Des ini, perangkat desa tidak bisa lagi diberhentikan begitu saja, ada mekanismenya,” terang Lingga, Kamis (19/1/2017).

Dari 28 kecamatan, 6 kecamatan diantaranya kata Lingga belum melakukan seleksi perangkat desa. Hal ini membuat masih banyak perangkat desa yang belum memiliki NRP-Des.

BACA :  Lebak Gelar Musrenbang RKPD Tahun 2022; Peningkatan SDM hingga Infrastruktur Jadi Prioritas Pembangunan

“Yang sudah ikut seleksi kita terbitkan lalu ditindaklanjuti oleh SK kepala desa,” terang Lingga.

Dengan NRP-Des lanjut Lingga, persoalan antara kepala desa dengan perangkat setiap kali berganti kepemimpinan tidak lagi terjadi. Perangkat desa baru bisa diberhentikan dengan syarat meninggal dunia atau terlibat kasus hukum.

“Perangkat desa menjadi salah satu penopang agar program-program desa bisa berjalan dengan lancar. Kami tidak bebankan untuk melakukan seleksi, tapi sebaiknya segera dilakukan karena jika tidak, pemerintah juga akan hati-hati mencairkan anggaran,” paparnya.(Ep)



Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Terpopuler