Buka Diklat Simintir, Wabup Lebak Ajak Perkuat Gerakan Pramuka

Date:

Lebak – Revitalisasi gerakan pramuka adalah pemberdayaan pramuka yang dilakukan secara sistematis, berkelanjutan serta terencana guna memperkokoh eksistensi organisasi dan lebih meningkatkan peran, fungsi dan tugas pokok gerakan pramuka.

Hal dikatakan Wakil Bupati Lebak yang juga Ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kabupaten Lebak ,  Ade Sumardi saat membuka Pendidikan dan Pelatihan Sistem Admisintrasi Kwartir (Diklat Simintir), di Balai Pelatihan Koperasi dan UMKM Dinas Koperasi Provinsi Banten, Pasir Ona, Rangkasbitung,  Jumat (03/02/2017).

“Revitalisasi gerakan pramuka tidak dapat berhasil tanpa kerja keras, kerja cerdas dan ikhlas serta adanya dukungan dari seluruh komponen gerakan pramuka di seluruh jajaran kwartir,” kata Ade. 

Ade mengajak seluruh jajaran kwartir untuk memperkuat gerakan pramuka, karena pramuka salah satu wadah pembentukan karakter bangsa. Menurutnya, bagi generasi muda pembentukan karakter bangsa amat penting dan menentukan nasib bangsa di masa depan.

“Hanya bangsa yang memiliki mental kepribadian yang kuat, bersemangat, ulet, pantang menyerah, disiplin, inovatif dan bekerja keraslah yang dapat mendorong kemajuan dan keberhasilan,”imbuhnya.

Ade mengimbau agar seluruh jajarannya senantiasa mengajak kaum muda untuk meningkatkan semangat bela negara, mengutamakan program dan kegiatan untuk meningkatkan semangat patriotisme dalam membela kepentingan bangsa.

“Kaum muda haruslah menjadi agen dan pelopor perubahan, negeri ini akan menjadi maju dan sejahtera apabila pembangunan dapat terlaksana dengan baik. Kenalkan dan libatkan kaum muda dalam kegiatan yang mengarah dan menjadi bagian dalam pembangunan nasional melalui karya-karya yang nyata,”katanya.

Sementara itu ketua pelaksana kegiatan, Unang Sunarnya mengatakan kegiatan Diklat Simintir dilaksanakan pada 3-4 februari 2017 ini untuk mensosialiasikan Sismitir kepada seluruh peserta, Menurutnya gerakan pramuka di Kabupaten Lebak perlu ditata dan dipelihara, terutama terkait tugas pokok dan fungsinya dalam menentukan batas-batas ruang lingkup tugas dan wewenang.

tujuannya,  lanjut Unang,  untuk mengatur, menertibkan, dan memperlancar penyelenggaraan administrasi kwartir di lingkungan Gerakan Pramuka Lebak dan memberikan dasar-dasar yang sama sebagai pedoman penyelenggaraan administrasi kwartir, agar tercipta keseragaman dalam tata cara pengendalian dan terlaksananya pembinaan administrasi yang baik, tertib, teratur, dan terarah di lingkungan Kwartcab Gerakan Pramuka Lebak.

“Penyelenggaraan Sistem Administrasi Kwartir ini untuk memberikan pedoman kepada pelaksana administrasi kwartir gerakan pramuka, agar dalam menunaikan tugas masing-masing agar dapat dicapai adanya dasar pengertian dan tata cara penyelenggaraan yang sama,”pungkasnya.(Ep)

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

KASN Tegaskan Sekda Kabupaten Tangerang Dilarang Pendekatan ke Parpol Politik, Ini Aturannya!

Berita Tangerang - Sekretaris Daerah atau Sekda Kabupaten Tangerang,...

Seleksi Anggota PPK untuk Pilkada Kota Tangerang 2024 Digelar 23-29 April

Berita Tangerang - Seleksi Anggota Panitia Pemilihan Kecamatan atau...

KASN: Aparatur Sipil Negara Haram Berselingkuh dengan Politik!

Berita Tangerang - Seorang Aparatur Sipil Negara atau ASN...